Kabid Infokom : Seleksi Pentura Harus Tersaring Agar Lolos ke Tingkat Nasional

0
7

MAMUJU — Sebagai Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Kabupaten Mamuju yang baru saja dilantik pada Desember 2015 lalu, Sudarso Din yang yang ditemui dirungannya pekan lalu, memberikan keterangan terkait tupkosinya di Kominfo. Salah satu yang menjadi perhatiannya adalah kegiatan pertunjukkan rakyat yang akan dilaksanakan pada Maret 2016.

Enam kabupaten yang ada di Sulbar masing-masing  akan melalui seleksi tingkat Provinsi terlebih dahulu dahulu. Dalam kegiatan tersebut Pertunjukkan rakyat atau dikenal dengan Petunra ini lebih menampilkan kebudayaan yang mewakili setiap kabupaten.
Menurut Sudarso bahwa untuk tahun 2016, Petunra harus melalui menyaringan yang betul-betul terseleksi  dengan baik agar bisa mendapatkan pemenang yang akanmengangkat setiap kebudayaan mewakili Sulbar, yang nantinya akan di ikutkan dalam tahap tingkat Nasional yang juga tahun 2016.Setiap sanggar tari yang akan mewakili Kabupaten akan  terseleksi di Petunra, sehingga dibutuhkan sanggar tari profesional, dimana diharpakna yang masing-masing akan menampilkan kebudayaan kita.

Untuk itu, dalam proses penseleksian di Petunra harus lebih dikedepankan semua unsur, anatara lain kebudayaan yang terdiri dari tari-tariannya,pakaian,seni dan musik serta cerita yang akan dibawa tentu lebih mengkedepankan sisi moral dan pendidikan,ujarnya.
Sehingga dalam pemilihan untuk ketingkat Nasional akan terwakili untuk daerah Provinsi Sulbar, yang diharapkan bisa memberikan kontribusi dan hasil dari petunra dapat masuk dalam tahap seleksi di tingkat nasional atau dapat  lolos mengikuti PIN. Pasalnya setelah hasil petunra akan diseleksi lagi melalui rekaman video yang dikirimkan setiap daerah, dimana rekaman tersebut adalah hasil pemenang dari Petura  yang jika lolos terseleksi untuk bisa mengikuti lomba di tingkat Nasional.

Selain itu, kegiatan dikominfo adalah terkait kehumasan, sehingga kedepan Sudaro Din menjelaskan terkait kerjasama dengan  wartawan dapat terkomunikasi dengan baik sehingga penyebarluasan informasi untuk pembangunan Sulawesi Barat dapat terakomidir dengan baik dengan kerjasama dengan media. Selain itu Kegiatan Kelompok Informasi Masyaarakat (KIM) adalah , kegiatan yang melibatkan usaha menengah dan kecil yang di akomodir melalui pelatihan yang dilaksanakan di kegiatan KIM. (ani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here