Kajati pastikan Usut kasus perjalanan dinas Legislator DPRD SUlsel

0
41

MAKASSAR — Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat Hidayatullah memastikan kasus dugaan korupsi perjalanan dinas fiktif ke luar negeri oleh anggota DPRD Sulsel tetap akan diusut dan dilanjutkan.

“Kasusnya saya pastikan akan tetap diusut jika memang memenuhi unsur-unsur untuk dilakukan penyelidikan dan penyidikan,” kata Kajati Sulsel Hidayatullah yang baru sepekan menjabat di Makassar, Jumat.

Dia mengatakan, kasus yang saat ini masih dalam tahap pengumpulan bahan keterangan dan data (Pulbaket dan puldata) itu akan dilaporkan perkembangannya setelah semua yang dibutuhkan tim penyelidik telah rampung.

“Saya akan pantau penanganan kasus ini dan jika pengumpulan data dan keterangannya sudah selesai dan siap ditingkatkan ke penyelidikan, pasti akan kita tingkatkan,” katanya.

Dalam kegiatan perjalanan dinas ke luar negeri oleh anggota DPRD Provinsi Sulsel tahun 2012 itu merupakan program kegiatan Gemar Membaca. Badan Arsip menganggarkan dalam APBD senilai Rp1,5 miliar.

Diketahui, kasus perjalanan dinas fiktif tersebut dilakukan oleh beberapa orang oknum anggota DPRD Sulsel. Beberapa negara tujuan di Eropa yang sudah direncanakan itu tidak terlaksana.

Namun dana sebesar Rp750 juta yang sudah dianggarkan justru telah dicairkan untuk dua kali pencairan dan telah diterima oleh anggota DPRD Sulsel yang namanya tercatat sebagai anggota yang akan melakukan perjalanan dinas tersebut.

Anggaran perjalanan dinas di dua negara ini telah dicairkan dua kali, pertama akhir tahun 2012 sebesar Rp750 juta dan tahun 2013 sebesar Rp750 juta.

Untuk perjalanan dinas kedua yaitu ke Asia atau negara tujuan Cina, dicairkan pada awal tahun 2013 dengan jumlah dana yang sama. Dari kedua kegiatan tersebut kata Noer, total anggaran yang cair untuk dua kali perjalanan dinas keluar negeri sebesar Rp1,5 miliar.

Berdasarkan data perjalanan dinas ini rencananya akan memberangkatkan tujuh anggota DPRD Sulsel. Namun diketahui pada perjalanan dinas ke Eropa ternyata tidak ada satupun anggota DPRD Sulsel yang berangkat.

Namun dana keberangkatan dari Badan Arsip tersebut sudah cair dan telah diterima para anggota dewan yang akan berangkat ke luar negeri saat itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here