Refleksi HUT 69 Pedoman Rakyat, Lahirkan Banyak Pejuang

0
2

MAKASSAR — Hari ulang tahun ke-69¬† koran Pedoman Rakyat¬† dilaksanakan secara sederhana dan dihadiri politisi DPR dari Partai Nasional Demokrat (NaDem) Akbar Faisal di jalan Tamalate IV Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa kemarin.

Meski koran tertua di Sulsel ini terbit perdana pada 1 Maret 1947 namun kini tidak lagi eksis seperti dulu karena persoalan pendanaan dan konflik kepemilikan, namun para krunya tetap menerbitkan sesekali berupa tabloid serta guna menjaga eksistensinya.

Sejumlah wartawan dan bekas krunya terlihat hadir dalam syukuran itu di kediaman Nurdin Mangkana selaku Pemipin Redaksi koran bersejarah itu.

“Koran ini adalah surat kabar pejuang yang banyak melahirkan pejuang termasuk di antaranya Akbar Faisal,” papar Nurdin, juga mantan anggota DPRD Kota Makassar dan Sulsel.

Berdasarkan catatan Pedoman Rakyat banyak krunya berhasil menjadi politisi dan anggota dewan termasuk di antaranya; Yacobus Camarlow mantan legislator DPR RI dari PDIP. Luthfi Kadir, Lakama Wiyaka DPRD Sulsel dari Golkar.

Akbar Faisal pada kesempatan itu mengakui kiprah dan jejak langkahnya menjadi politisi dan masuk Senayan tidak terlepas dari perjumpaan bahkan pernah jadi wartawan di koran harian tertua di Sulsel itu pada masa lalu.

Dirinya mendorong para kru yang masih bertahan membuat portal berita Pedoman Rakyat dan siap membantu proses kehadiran portal berita tersebut.

“Saya teringat masa lalu ketika masih menjadi wartawan sekitar tahun 90-an. Saya siap membantu bila Pedoman Rakyat dikembalikan lagi melaui portal berita, saya mendukung penuh soal itu,” katanya.

Sementara Koordinator HUT Pedoman Rakyat ke 69, Muhammad Arafah mengatakan selalu melaporkan tiap tahun wartawan dan karyawan mesti mengenang hari lahir sejak koran ini yang tutup pada 2006.

Hadir dalam perayaan itu seperti, wartawan senior Yasmin Tendang, Leonardus Leleng, Ardi Basir, James Wehantow, Khaeril, Insan Ikhlas Jalil, Manaf, Moh Yahya Mustafa, Asnawin, Rusdi Sudding, Rusli dan para karyawan, tegas serta redaktur Harian Ujungpandang Ekspres. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here