Pemkab Sinjai Peringati HUT Damkar ke-97

0
2

SINJAI, CNEWS — Wakil Bupati Sinjai, H.A.Fajar Yanwar menjadi Pembina Upacara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Pemadam Kebakaran Nasional ke-97 yang dirangkaikan dengan Hari Kesadaran Nasional dengan tema, “Profesionalitas Damkar Hadir Memberikan Pelayanan Pencegahan,Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan Sebagai Perwujudan Butir Pertama Nawa Cita”.Upacara tersebut berlangsung di Halaman Kantor Bupati Lama, Kamis (17/3).

Dalam amanatnya membacakan sambutan seragam Menteri Dalam Negeri RI, Wabup menyampaikan bahwa peringatan HUT Pemadam Kebakaran kali ini adalah mengajak seluruh bangsa Indonesia melakukan gerakan perang terhadap kebakaran dan mengedepankan tindakan preventif atau pencegahan daripada responsif kebakaran.

“Tanggal 1 Maret merupakan hari bersejarah bagi petugas pemadam kebakaran yang dahulu dikenal dengan sebutan Branweer, kita mengenang kisah perjuangan dan pengorbanan petugas pemadam kebakaran dalam melakukan perlawanan terhadap kobaran api,”jelasnya.

Tugas Pokok dan Fungsi pemadam kebakaran dikenal dengan Panca Dharma yaitu Pencegahan dan Pengendalian Kebakaran, Pemadaman Kebakaran, Penyelamatan, Pemberdayaan Masyarakat, Penanganan Kebakaran Bahan Berbahaya dan Beracun.Selain itu wajib siaga 24 jam yang tidak mengenal Hari Libur dan siap memadamkan kebakaran dengan motto, “Pantang Pulang Sebelum Api Padam Walaupun Nyawa Taruhannya”. (mat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here