BNN Akhirnya Lepas 5 Warga Sipil Rekan Dandim Pesta Narkoba

0
1

MAKASSAR — Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sulsel melepas 5 warga sipil yang tertangkap bersama Komandan Kodim (Dandim) 1408/BS Makassar Kolonel Inf Jefry Oktavian Rotty dan Kapuskodal Letnan Kolonel (Letkol) Inf Budi Iman Santoso saat pesta narkoba di Hotel D’Maleo.

Sebelumnya kelima orang tersebut diserahkan Polisi Militer Kodam VII Wirabuana kepada BNN Sulsel.

“Dari hasil pemeriksaan urine kelima warga sipil itu, empat orang dinyatakan negatif dan hanya seorang bernama Aswar dinyatakan positif narkoba. Jadi semuanya dilepas dan satu orang dinyatakan rawat jalan. Semuanya sudah menjalani asesment dan ini sama kasus artis Raffy Achmad dulu, cuman direhab,” kata Kepala BNN Sulsel Brigjen Agus Budiman Manalu saat ditemui di kantornya, Kamis (7/4/2016).

Agus mengungkapkan, cairan yang diduga narkoba merupakan Metilon. Jenis ini tidak tercantum dalam undang-undang sebagai jenis narkotika. “Metilon tidak masuk dalam undang-undang narkotika. Besok, Jumat (8/4/2016) baru dikirim cairan itu ke Jakarta untuk diteliti lebih lanjut,” katanya.

Sementara itu, menurut Panglima Kodam VII Wirabuana, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Agus Surya Bakti mengatakan, kedua anggotanya itu menggunakan narkoba jenis baru berupa cairan. Cairan yang dikonsumsi saat penggerebekan di Hotel D’Maleo Jl Pelita Raya, Makassar tersebut dikenal dengan nam blue safier.

“Saat penggerebekan di ruang karaoke  pihaknya menemukan barang bukti berupa narkoba dalam bentuk cairan. Tidak sabu-sabu, tapi narkoba dalam bentuk cairan. Di ruangan itu ada beberapa obat, cairan narkoba, minuman blue safir,” ucap Agus.

Sebelumnya telah diberitakan, Komandan Kodim 1408/BS Makassar, Kolonel Inf Jefri Oktavian Rotti dan Kapuskodal Ops Kodam VII Wirabuana, Letnan Kolonel Budi Santoso bersama lima warga sipil ditangkap berpesta sabu di Hotel D’Maleo Jl Pelita Raya, Selasa (5/4/2016).

Kelima warga sipil yang ditangkap bersama Dandim dan Kapuskodal yakni, H Nasri (47) warga kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa, Bimang warga Jl Sungai Limboto Makassar, Aswar (34) warga Jl Minasa Upa Makassar, Fitry warga jalan Perintis Kemerdekaan dan Uci warga Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa.

Mereka ditangkap oleh personil Kodam VII Wirabuana yang dipimpin langsung, Kepala Staf Kodam VII Wirabuana, Brigadir Jendral (Brigjen) TNI Supartodi. Dua anggota TNI dan lima warga sipil itu langsung dilakukan tes urine dan hasilnya semua positif narkoba.(kmp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here