Kapolda Anton : Kebakaran di Polda Sulsel Anggap Saja Api Semangat

0
23

MAKASSAR — Hari pertama kerja sebagai Kapolda Sulselbar, Irjen Pol Anton Charliyan disambut dengan kebakaran. Meski begitu, dia menganggap kebakaran itu sebagai pelecut semangat.

“Belum ketemu anggota saya eh disambut kebakaran, ini anggap saja semangat, peristiwa ini mari kita lihat dengan kacamata jernih, hati yang bersih dan tidak suudzon,” ujar Anton usai upacara penyambutan dari para personel Polri di halaman Mapolda Sulsel, Senin (25/4/2016).

Kebakaran terjadi pada pukul 04.00 Wita dan menyebabkan lantai dua Gedung Reserse terbakar.

Anton menyebutkan dalam peristiwa kebakaran ini hanya tiga ruangan yang terbakar dan tidak merembes ke ruangan Ditnarkoba. Api diduga bersumber dari ruang Keamanan Negara (Kamnag). Meski demikian berkas-berkas yang terbakar telah diback up sebelumnya dalam format digital.

“Kita selidiki secara manual dan laboratorium forensik, hasilnya beberapa hari lagi,”

Anton menyebutkan para tahanan Ditreskrim yang terkena imbas peristiwa kebakaran akan dipindahkan sementara ke Polrestabes Makassar dan Lapas Makassar.

Anton juga menyarankan adanya perbaikan instalasi dan penambahan daya listrik di setiap kantor polisi mengingat banyaknya penggunaan komputer di setiap kantor polisi.

5 Ruang di Mapolda Sulselbar Terbakar

Gedung Polda Sulselbar di Jalan Perintis Kemerdekaan KM 16, Makassar, Senin (25/4/2016) dini hari dilalap si jago merah. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 04.00 WITA. Belum diketahui pasti penyebab terjadinya kebakaran ini.

Akibat dari peristiwa ini, sebanyak lima ruangan di lantai dua ludes terbakar. Dua di antaranya ruangan Ditres Narkoba dan tiga ruangan lainnya milik Ditres Kriminal Umum.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Frans Barung Mangera menyebutkan, hingga kini Tim Labfor Polri masih menyelidiki penyebab kebakaran.

“Dugaan sabotase belum ada, hasil penyelidikan Labfor nanti akan kami sampaikan, beberapa berkas yang terbakar filenya aman karena sudah diback up sebelumnya,” ujar Barung.

Tahanan milim Polda Sulselbar dievakuasi ke halaman Masjid Polda Sulselbar. Sejumlah tahanan ini mendapat pengawalan ketat dari personel yang piket sembari membantu petugas pemadam kebakaran memadamkan api.

Api baru dapat dipadamkan pukul 07.00 Wita setelah empat unit mobil pemadam dikerahkan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here