Imunisasi Membangun Generasi Bangsa

0
42
PAREPARE—Anak Sehat, Investasi Bangsa, Kalimat ini menjadi harapan bersama dalam pelaksanaan pekan Imunisasi Dunia 2016 Rabu,4 Mey 2016. Dengan program Imunisasi Pemerintah berharap mampu mewujudkan cakupan imunisasi yang tinggi, Merata dan Berkualitas.
Pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional Dunia yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Kota Parepare dan Bakti Husada Dinas Kesehatan Kota Parepare.
Pekan Imunisasi secara luas diakui salah satu intervensi Kesehatan yang paling sukses dan efisien di dunia. Program iniemc3gah kematian sekitar 2 hingga 3 juta setiap tahunnya dan melindungi anak anak sebagai generasi penerus bangsa.
Pentingnya Imunisasi yang lengkap dinilai dapat mencegah penyakit penyakit yang mendasar danenjadi penyebab lemahnya anak dan generasi bangsa, Seperti penyakit Difteri, Pertusis, Tetanus, Hepatitis B, Polio dan Campak, Pneumonia, dan Meningitis serta diare rotavirus.
Untuk Indonesia Sendiri Imunisasi lengkap 2015 lalu, mencapai 86,2 % Dengan Target capai di 2019 nanti 93%.
Universal Child Immunization ditingkat Desa/Kelurahan di Indonesia mencapai lebih 80% yang tetap merujuk pada capaian jangakaun Imunisasi anak hingga 92% di 2019 akan datang.
Pekan Imunisasi Dunia ini, yang mengangkat Objek “Imunisasi untuk semua sepanjang hidup” dengan Tema global “Menutup Senjang Imunisasi atau Close The Imunization Gap yang keduanya sangat relevam dengan situasi di Indonesia.
Pekan Imunisiasi di Indonesia Sendiri sudah mencapai program benerapa dasawarsa terakhir, antaranya, Mampu membasmi eradikasi cacar pada 1974 (dimana saat itu Cacar dinilai penyakit yang cepat menular dan banyak menimbulkan kesakitan, Cacat dan kematian, Dengan Imunisasi Program Bebas Polio di 2014 lalu dengan pengakuan Setifikat Benas Polio dari WHO 2014 lalu, Pemerintah melalui program Pekan Imunisasi Nasional (Polio) diselenggarakan secara serentak di 33 Provinsi untuk mempertahankan status Indonesia bebas Polio dan sebagai bentuk upaya Dunia benas polio 2020 akan datang, dengan hharapan hasilnya bisa melebihi target Nasional 96,4%.
Pekan Imunisasi Dunia yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sulsel, Pemkot Parepare dan Bakti Husada Kesehatan, Menghadirkan ratusan orang tuan anak, dengan harapan Program Imunisasi bisa dikenal semua pihak, dengan Imunisasi Ciptakan Generasi bangsa yang sehat.(Effendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here