ITCW Nilai Korupsi PJU “Masuk Angin”

0
48
PAREPARE—Kasus Dugaan Korupsi proyek Pengadaan Lampu Jalan (PJU) masih bergulir, di Kantor Kejaksaan Negeri, Kota Parepare, hanya saja Usai pihak Kejaksaan menetapkan 3 Tersangka dalam kasus ini, Proses penyidikannya tidak lanjut, Bahkan ada Indikasi ada praktek “Masuk Angin” di Lingkup Penyidik, hingga Kasus ini terkesan mandek penangannya.

Koordinator Indonesia Timur Korupsion Watc (ITCW)  Jasmir Lainting, menilai  kinerja pihak Kejaksaan Negeri Parepare, dipertanyakan, Ia menganggap  Kajari tidak konsisten dalam semangat memberantas praktek Korupsi di Parepare.

Dia bahkan menduga lembaga Adhyaksa tersebut masuk angin. Aktor intelektual dalam kasus tersebut, sampai sejauh ini belum juga tersentuh.
“Padahal, jika kita melihat proses dan mekanisme pencairan dana yang diduga dimarkup itu, kuat dugaan adanya keterlibat kuasa pengguna Anggarannya (Kpa),”terang Jasmir Laintang. Menganalisa dugaanya.
“Kalau kejaksaan serius, kata Jasmir Laintang, Kuasa pengguna Anggaran Instansi itu diseret juga keproses penyidikan, Tapi kenyataannya tidak seperti itu, Ini bukti penegakan hukum kita tumpul keatas tajam kebawah,”Nilakinya.
Dalam pengembangan Kasus ini 3 orang menyandang status tersangka dalam Kasus proyek, yang menghabiskan dana Rp1,8 Milyar tersebut.
Dana itu sendiri bersumber dari APBD Tahun 2014 pada Dinas Tata Ruang dan pengawasan Bangunan, Kota Parepare. Hanya saja, kasus ini dinilai sebahagian pihak jalan ditempat.
Kepala Kejaksaan Negeri Parepare, Rizal Nurul Fitri, enggan memberikan tanggapan perihal kasus yang ditanganinya itu. dihubungi via sellulernya Rizal enggan menjawab.
Namun sebelumnya, Rizal Nurul Fitry, menyatakan, penanganan sejumlah kasus korupsi dipihaknya terkendala hasil audit badan pengawasan keuangan dan pembangunan Daerah (Bpkp).
Diketahui, kasus tersebut bergulir sejak awal tahun 2015 lalu.‎ Kejaksaan menemukan adanya indikasi perbuatan melawan hukum, yakni penggelembungan harga dan penggunaan barang yang tidak sesuai dengan spesifikasi pada pengadaan ratusan lampu jalan.
Kejaksaan juga sempat melakukan sidak ke UPTD PJU dan menyita barang bukti peralatan lampu jalan. (Effendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here