Jurnalis Minta Walikota Parepare Jangan asal Ngomong !

0
49
PAREPARE — Walikota Parepare Taufan Pawe terus menuai kecaman keras terkait sejumlah pernyataannya yang kontroversial. Taufan dinilai telah melukai profesi jurnalis, dengan menyebut wartawan sebagai pihak yang menggerakkan insiden jenazah naik motor.
“Kami mengecam arogansi Taufan Pawe, seharusnya dia bercermin agar tidak sembarang melontarkan kata-kata itu. Faktanya dimana jika wartawan yang menggerakkan insiden itu. Itu tuduhan yang kejam. Siapa yang dimaksud walikota ?,” kata pengurus Perhimpunan Jurnalis Ajatappareng (Pijar), Hasrul Nawir disela aksi damai di Kantor Walikota, Rabu 25 Mei.
Pada aksi kemarin, jurnalis menyerahkan pernyataan sikap disertai cermin dan kacamata. Hal itu sebagai lambang agar walikota melihat persoalan secara objektif. Taufan juga diminta berkaca dari insiden serupa dimana dia juga mendiskreditkan profesi jurnalis. Sayang Taufan sedang berada diluar kota saat aksi digelar.
Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar meminta Taufan membuktikan tudingannya itu. Pun jika Walikota tidak bisa, AJI mempersilahkan Taufan meminta maaf. “Walikota Parepare itukan berlatar ilmu hukum. Seharusnya statemen demikian bisa dia buktikan jika memang benar. Silahkan laporkan dan berikan bukti atas tudingannya itu,” jelas Ketua Bidang Advokasi AJI Makassar Qodriansyah Sofyan.
Kabag Humas Pemkot Parepare AA Hamka mengaku memang ada yang kurang dalam hubungan antara jurnalis dengan Pemkot, utamanya terkait pernyataan walikota. Namun Hamka kembali menegaskan bahwa pernyataan itu tidak bermaksud mendiskreditkan posisi jurnalis. “Kami meminta maaf jika ada ketersinggungan, namun pernyataan beliau lebih kepada jajarannya agar tidak ‘down’ atas insiden itu,” beber Hamka.
Sebelumnya, walikota menyebut jenazah bukan merupakan situasi emergency, yang mesti mendapat penanganan darurat medis. Dari situ, pernyataan walikota berlatar ilmu hukum itu meluas dengan menyebut situasi tersebut hanya masalah sepele dan cenderung dibesar-besarkan oleh wartawan.(effendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here