Tambang Ilegal di Barru Beroperasi Sejak Lama, Polisi Lakukan Penyidikan

0
2
BARRU, CNEWS — Empat perusahaan tambang yang ada di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (sulsel) diduga tidak memiliki legalitas pengelolaan.Keempatnya yakni PT BSU, PT CSU, PT Batara, dan PT Pelita. Perusahaan ini belokasi di Desa Kupa, Kecamatan Mallusetasi. Meski beroperasi sejak 1 tahun terakhir, Belum ada tindakan tegas dari pihak terkait. Hal itu diungkapkan pemilik lahan, Danres Tajuddin. Dia mengaku lahannya disabotase oleh orang tertentu.

“Tiba-tiba ada tambang yang beroperasi dilahan kami. Lahan itu milik orang tua saya. Saya punya dokumen kepemilikan,”ucap Danres.

Dia mengungkapkan, kasus penyerobotan lokasi itu telah dilaporkan ke pihak Kepolisian resort Barru.

“Kami sudah laporkan persoalan ini kepada pihak terkait,”ungkap dia.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Parepare, AKP Nasri, membenarkan adanya laporan terkait persoalan tersebut. Namun kata dia, Polisi masih melakukan penyelidikan.

“Ya, benar laporannya sudah masuk. Sedang kami telusuri,”katanya.  Dia menjelaskan, selain dugaan penyerobotan hak, kasus itu juga terindikasi adanya aktifitas ilegal loging.

“Anggota sudah turun kelokasi untuk melakukan investigasi. ‎Jika terdapat pelanggaran tentu akan kami tindak lanjuti ketahap hukum selanjutnya,”ungkap Nasri.(effendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here