Mau Lihat Alquran Raksasa Bertinta Air Teh di Makassar, Silahkan ke Masjid Raya

0
4

MAKASSAR – Pesona kitab suci Alquran raksasa di Masjid Raya Makassar, Sulawesi Selatan, menjadi salah satu objek wisata religi bagi umat Islam di Ramadan tahun ini. Ukurannya yang besar membuat orang penasaran ingin melihat kitab suci tersebut.Bagi warga Makassar, melihatnya merupakan salah satu cara menunggu berbuka puasa atau ngabuburit. Alquran raksasa itu sendiri menjadi koleksi resmi Masjid Raya Makassar sejak 26 Agustus 2009.

Koleksi seharga Rp350 juta tersebut merupakan Alquran terbesar pertama yang ada di Indonesia Timur. Ukurannya 1×1,5 meter serta memiliki berat 584 kilogram.

Kitab tersebut merupakan wakaf dari ipar Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) yakni Aksa Mahmud. Itu merupakan koleksi keenam Alquran di Indonesia yang dipesan khusus dari Yayasan Al Asy’ariah Kalibeber, Wonosobo.

Pembuatnya adalah KH Ahmad Faqih Muntaha bersama santrinya dari yayasan tersebut. Seperti Alquran umumnya, tulisan ayat-ayat suci di situ berjumlah 6.666 ayat yang terangkum dalam 30 juz serta sebanyak 605 lembar.

Namun yang istimewa dari Alquran ini adalah tintanya yang menggunakan spidol khusus warna hitam. Tinta yang digunakan juga berasal dari Bak Tinta China dan cairan air teh kental yang menghasilkan warna emas dan hijau pada hiasan di setiap halamannya.

Imam Masjid Raya Makassar, Muhammad Syahrir, mengatakan bahwa semua Muslim boleh melihatnya. Salah satu pengunjung, Syainuddin, menyatakan senang melihat Alquran raksasa tersebut. (okz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here