WALIKOTA PRESENTASI DIHADAPAN PARA AHLI, Sebagai Nominator Adipura

0
2
PAREPARE—-Walikota Parepare, DR. HM. Taufan Pawe, SH. MH mempresentasikan program Adipura Kota Parepare di hadapan Dewan Pertimbangan Adipura dan dua ahli yaitu ahli persampahan dan ahli pemasaran, di The Sultan Hotel Jakarta, pagi ini Rabu (15/6/2016).
Taufan Pawe diundang oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai salah satu kepala daerah, setelah Kota Parepare dinobatkan sebagai nominator penerima anugerah Adipura Tahun 2016.
Sebanyak 112 Kabupaten/Kota yang masuk sebagai nominator peraih Adipura Tahun 2016 ini, yang mewajibkan kepala daerahnya untuk mempresentasikan program Adipuranya. Acara ini akan digelar selama delapan hari yaitu dari tanggal 14 Juni sampai dengan 22 Juni 2016 mendatang.
Selain presentasi, kepala Daerah yang jadi nominator juga akan mengikuti sesi wawancara yang dipimpin langsung oleh Dirjen pengelolaan sampah, limbah dan bahan beracun berbahaya, Tuti Hendrawati Mintarsih beserta Dewan Pertimbangan Adipura serta dua ahli yaitu ahli persampahan dan ahli pemasaran. Hadir juga dalam acara ini mantan menteri lingkungan hidup, Suswono Kusuma Atmaja.
Menurut Kabag Humas, AA. Hamka yang sedang mendampingi Walikota Parepare, materi presentasi yang dipaparkan Walikota yaitu diantaranya berisikebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota seperti pengelolaan sampah termasuk TPA dan program bank sampahnya, pengelolaan lingkungan hidup perkotaan, pengendalian pencemaran air serta pengelolaan ruang terbuka hijau yang dikaitkan dengan pembangunan sosial dan ekonomi.
Selain itu, Walikota juga banyak memaparkan terkait peran serta dunia usaha dan masyarakat kota Parepare dalam mewujudkan kebersihan kota. Hal ini dilakukan karena dalam melakukan pemaparan program adipura kepala daerah harus mengaitkan pada beberapa kriteria yang menyangkut aspek sosial, ekonomi, dan pemberdayaan masyarakat di daerahnya masing-masing. “Pak Wali banyak memaparkan kondisi kekinian dari kota Parepare, bukan hanya itu bahan materi yang beliau paparkan juga cukup visioner, terbukti dengan adanya materi yang beliau paparkan terkait inovasi dalam pengelolaan lingkungan hidup perkotaan yang memanfaatkan kembali sampah dan limbah yang bisa didaur ulang”, terang Hamka saat dihubungi via WhatsApp pribadinya.
Turut hadir mendampingi Walikota Parepare, Sekretaris Daerah Kota Parepare, Drs. Mustafa Mappangara, Kepala Badan Lingkungan Hidup, Drs. Amir Lolo, Kepala Dinas Pendapatan Daerah, H. Nasarong, Kepala Dinas Kominfo, Iwan Asaad, AP.M.Si, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Yamin, serta Kepala Dinas Perhubungan, Yodi Haya. (Effendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here