HORE…. Pelindo IV Siapkan Bus Mudik Lebaran Gratis

0
54

MAKASSAR — PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV Makassar bekerja sama dengan Damri menyiapkan sejumlah bus untuk digunakan penumpang saat tiba di Pelabuhan Makassar eks Sukarno Hatta menuju kampung halamannya.

“Telah disiapkan sebanyak 1.500 kursi bagi penumpang yang ingin mudik di kampung halaman setibanya di pelabuhan,” kata Humas Pelindo IV Makassar Erisanty di Makassar, Minggu (19/06/2016)

Menurut dia, sementara ini untuk rute mudik yang tersedia yakni dari Kota Makassar menuju Kabupaten Bulukumba dan Makassar ke Kota Pare-Pare yang mulai di berlakukan H-15 jelang lebaran Idul Fitri 1437 Hijiriah.

Selain itu pihaknya sudah berkoordinasi dengan Damri untuk menyiagakan sejumlah bus trans Maminasata atau busway yang sudah dilengkapi pendingin ruangan dan dapat menampung banyak penumpang.

Saat ditanyakan bagaimana cara pendaftaran bagi penumpang yang hendak mudik, kata dia, belum merinci persyaratan hanya saja bagi penumpang yang ingin mudik tinggal mendaftarkan di posko yang sudah disiapkan.

“Tidak ada persyaratan apa-apa, kalau cepat mendaftar bisa mendapatkan fasilitas dan diangkut menuju rute yang sudah disiapkan. Seperti tahun sebelumnya kami juga melaksanakan hal seperti ini bahkan menyebarkan brosur ke sejumlah kampus,” tambahnya.

Sebelumnya, PT Pelindo IV Makassar akan menyiapkan Posko terpadu diperuntukkan bagi penumpang arus mudik di Pelabuhan Makassar pada H-15 Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah.

“Selaku koordinator arus mudik, pada H-15 otoritas pelabuhan sudah menyiapkan posko terpadu,” kata Pelaksana tugas sementara (Pts) General Manager PT Pelindo Cabang Makassar Yosef Benny Rohy.

Guna mendukung aktivitas arus mudik penumpang di Pelabuhan Makassar, lanjut dia, sejumlah fasilitas sudah diperbaiki dan ditambah. Seperti pendingin ruangan sudah diperbaiki bahkan menambah enam unit, pengadaan air siap minum bagi penumpang dan juga fasilitas penampungan penumpang yang transit.

Selain itu pihaknya juga menyiapkan ruang kesehatan, ruang menyusui, tempat chas ponsel dan sejumlah fasilitas pendukung lainnya diperlukan demi kenyamanan penumpang,” papar dia.

Sementara fasilitas untuk para penumpang, lanjut Benny, faktor keamanan juga diperketat dengan tidak membiarkan penumpang bertumpuk di ruang tunggu. Tim pengamanan dibantu kepolisian akan bekerja sama menjalankan tugas, termasuk adanya posko BMKG disiapkan.

Sedangkan keamanan juga ditunjang dengan aktifnya 16 CCTV yang terpasang dibeberapa titik guna memonitoring semua pergerakan penumpang sampai naik ke kapal,” beber dia.

“Diharapkan nantinya penghubung kapal yang mengangkut penumpang sudah lebih lancar, sehingga tidak perlu menunggu lama di Pelabuhan Makassar,” ujarnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here