Geger…. Ditemukan Makanan Ringan Diduga Bahan Peledak di Bandara Makassar

0
11

MAKASSAR —- Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, sempat digemparkan dengan penemuan makanan ringan berupa jelly yang memiliki kandungan bahan baku peledak. Penemuan ini terjadi saat patroli gabungan pada H+2 Idul Fitri 1437 H, Jumat (8/7).

Kabag Humas dan Hukum Angkasa Pura I Turah Ajiari mengatakan, dalam operasi gabungan tersebut melibatkan Aviation Security sebanyak lima personel, POM AU sebanyak empat personel dan Gegana sebanyak tiga personel. Dan sekitar pukul 13.00 WITA di sekitar make up baggae area, pendeteksi bahan peledak bereaksi.

“Peralatan pendeteksi bahan peledak jenis GT200 mendeteksi sesuatu yang diduga bahan peledak. Alat pendeteksi bahan peledak milik Tim Gegana Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan mendeteksi sesuatu yang berada di dalam sebuah mobil box yang terparkir di service road depan make up baggage area,” katanya sebagai mana dilansir Antara, Sabtu (9/7).

Kendaraan operasional tersebut kemudian dievakuasi keluar area airside. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan intensif terhadap seluruh barang bawaan yang berada di dalam kendaraan yang merupakan kendaraan operasional Sriwijaya Nam Air.

“Setelah dilakukan pemeriksaan secara manual, termasuk pemeriksaan menggunakan x-ray yang berada di loading dock, barang yang dicurigai memiliki kandungan bahan peledak jenis HTMD ini dipastikan tidak berbahaya,” ujarnya.

Turah mengungkapkan, barang yang dicurigai dimaksud merupakan kandungan bahan makanan jenis jelly yang merupakan lunch box yang akan dijual dalam penerbangan Sriwijaya Air.

“Ini merupakan makanan ringan buat cemilan anak-anak, semacam jelly begitu,” tuturnya.

Bahan makanan yang dijual seharga Rp 20.000 per set ini mengandung beberapa zat kimia yang apabila dicampurkan dengan bahan lain dapat menjadi bahan peledak berbahaya.(mrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here