Hujan tidak Pengaruhi Produksi Tanaman Padi Petani

0
65

Hujan yang terjadi beberapa hari terakhir di Kabupaten Maros, Pangkep dan daerah sekitarnya, dinilai tidak mempengaruhi produksi tanaman padi petani.

“Hujan yang mengguyur tiga hari terakhir, diharapkan tidak mempengaruhi tanaman padi kami yang sekitar sebulan lagi panen,” kata Ketua Kelompok Tani Toddopuli, Kecamatan Lau, Kabupaten Maros A Wahid di Kabupaten Maros, Sulsel, Senin (11/6/2016)

Dia mengatakan, rata-rata tanaman padi petani sudah terbilang aman, ketika mendapat guyuran hujan beberapa hari. Alasannya, umur tanaman padi sudah cukup kuat.

“Syukurlah sekarang hanya mendung saja, tapi tidak hujan. Kecuali jika hujan berturut-turut selama sepekan, tentu itu akan menjadi masalah,” katanya.

Hal senada dikemukakan petani di Kecamatan Minasa Te`ne, Kabupaten Pangkep, Sulsel Baharuddin.

Dia mengatakan, awalnya para petani cukup khawatir hujan akan berlanjut, namun hari ini sudah cukup cerah.

“Apabila hujan cukup lama, maka bisa merendam tanaman padi dan dipastikan akan mempengaruhi kualitas produksi pada masa panen,” katanya.

Sebagai gambaran, jika tanaman terendam air, maka padi yang digiling menjadi beras akan berwarna kehitaman. Selain itu, gabah akan mengandung air, sehingga harganya akan dibawah Harga Pokok Pemerintah (HPP).

Akibatnya, lanjut dia, petani akan merugi, karena biaya produksi yang dikeluarkan tidak sebanding dengan hasil yang diperoleh.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here