Nah Kamu Ketahuan…. Rumah Makan Ayam Penyet Ria Belum Punya Izin Lingkungan

0
1

MAKASSAR – Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Makassar menemukan sejumlah pelanggaran yang dilakukan pemilik, saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di rumah makan Ayam Penyet Ria, Jalan Pengayoman, Kota Makassar, Senin 11 Juli lalu.

Hasil temuan tersebut disampaikan langsung Kasubid Penegakan Hukum Lingkungan BLHD Kota Makassar, Nurbaeda Abubakar.

Nurbaeda membenarkan bahwa pada Senin, 11 Juli lalu, BLHD Kota Makassar melakukan peninjauan langsung ke rumah makan yang beralamat di Jalan Pengayoman tersebut.

“Iya, benar. Senin lalu 11 Juli kami lakukan peninjauan kesana,” kata Subaedah via telepon, Rabu (13/7/2016).

Dari peninjauan tersebut, ditemukan beberapa pelanggaran. Diantaranya adalah, tidak mengantongi dokumen lingkungan dan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) yang tidak berfungsi maksimal.

“Hasilnya, memang mereka memiliki IPAL, namun tidak berfungsi maksimal. Limbah lemak itu bisa mencemari drainase. Selain itu juga, mereka belum mengantongi Izin Lingkungan,” jelas Nurbaeda.

Nurbaeda menjelaskan, hasil tersebut sudah diketahui oleh kepala BLHD Makassar dan segera akan menyurati pihak rumah makan ayam penyet pengayoman agar diarahkan untuk penyusunan dokumen.

“Kami akan arahkan untuk penyusunan dokumen kemudian akan kami beri jangka waktu 14 hari kerja untuk datang ke kantor untuk dilakukan pembinaan,” tutur Nurbaeda seperti dikutip dari salah satu media online.

Nurbaeda juga menambahkan apabila selama 14 hari tidak ada respon dari pihak rumah makan tersebut, maka pihak BLHD Makassar akan merekomendasikan ke SKPD terkait yang mengurusi izin operasionalnya untuk ditinjau kembali izin operasionalnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here