Nah Kamu Ketahuan…. Polda Sulsel Tetapkan Mantan Kepala Dinas Pendidikan Luwu Utara Jadi Tersangka

0
21

MAKASSAR — Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrmisus) Polda Sulawesi Selatan menetapkan dua orang pejabat Pemerintah Kabupaten Luwu Utara sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi penyelewengan Dana Insentif Daerah (DID) kabupaten setempat.

“Untuk sementara ini ada dua orang pihak yang dianggap bertanggung jawab dijadikan tersangka,” ujar Kepala Sub Direktorat III Tindak Pidana Korupsi, Ditreskrimsus Polda Sulsel AKBP Adip Rojikan di Makassar, Kamis.

Dua pejabat yang dijadikan tersangka yakni mantan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Lutra berinisial AS dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) berinisial Ag.

Adip mengatakan, kedua pihak yang dinilai secara sah berdasarkan dua alat bukti itu dijadikan tersangka atas kasus dugaan korupsi penyelewengan DID Lutra tahun anggaran 2011-2012.

“Keduanya ini ditetapkan sebagai tersangka sebagaimana yang dirilis oleh auditor BPKP dalam laporan resmi angka kerugian negara sebesar Rp3,6 miliar,” katanya.

Diketahui, Kabupaten Luwu Utara pada tahun anggaran 2011-2012 mendapatkan bantuan dari Kementerian Keuangan sebesar Rp24 miliar dalam bentuk dana insentif daerah (DID) untuk digunakan dalam rangka pelaksanaan fungsi pendidikan.

Namun dalam pelaksanaannya, anggaran sebesar Rp24 miliar itu diduga telah disalahgunakan dengan cara digelembungkan (mark-up) sehingga tidak sesuai dengan spesifikasi yang seharusnya direncanakan.

Dana DID sendiri merupakan bantuan Kementerian Keuangan atas apresiasi daerah dalam meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada tahun 2011.

“Barang yang diadakan itu memang ada tapi terjadi mark-up karena tidak sesuai dengan spesifikasi yang dimaksud dan barangnya dalam rakitan,” jelasnya.

Selain itu, berdasarkan informasi yang beredar, dana sebesar Rp24 miliar lebih itu terbagi menjadi Rp18 miliar dan dikemas dalam lima paket proyek. Sedangkan Rp6 miliar dikelola secara internal oleh salah satu SKPD di Lutra.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here