Sambut Merdeka Ekspor, Pemprov Sulsel Turut Ekspor Komoditi Hortikultura

0
1

keterangan gambar : –Ilustrasi Kebun Jagung sebagai salah satu komoditi hortikultura-

 

MAKASSAR – Menyambut Merdeka Ekspor yang digelar Agustus tahun ini, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah menyiapkan sejumlah komoditi andalannya. Bahkan, tahun ini Pemprov akan mengirim dua komoditi baru.

Kepala Biro Perekonomian Sulsel Sukarniaty Kondolele mengatakan, Merdeka Ekspor memiliki tiga strategi utama.

Strategi tersebut yakni komoditi lama dengan negara tujuan lama, komoditi baru dengan negara tujuan lama, atau komoditi baru dengan negara tujuan baru.

“Negera tujuan baru untuk ekspor kali ini adalah Afrika Selatan. Sedangkan komoditi barunya adalah cangkang sawit dan bunga chrisant,” ujar Sukarniaty saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (18/7/2016).

Afrika Selatan menjadi negara tujuan baru ekspor disebabkan permintaan rempah-rempah di sana cukup tinggi.

Sukarniaty juga menekankan, bahwa ekspor besar-besaran bukan hanya soal kuantitas. Melainkan kualitas komoditi yang dikirim. Selain itu, lanjutnya, yang terpenting adalah kegiatan ekspor tersebut berjalan sustainable atau berlanjut.

“Jika kegiatan ekspor baik, pasti pertumbuhan ekonomi kita juga akan baik. Olehnya itu kita berharap ekspor berlanjut terus,”pungkasnya.

Sekedar diketahui, negara tujuan pasar ekspor Sulsel dalam program peningkatan ekspor tiga kali lipat 2015 lalu adalah Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, Italia, Puerto Rico, Jerman, Australia, Malaysia, Singapore Hongkong, Philipina , Inggris, Taiwan, China , Israel, Polandia, Denmark, Dubai (Uni Emirat Arab), Kuwait, Saudi Arabia, Ukraina, Spanyol, Vietnam, dan Timor Leste.

Sedangkan, komoditi ekspor terbesar dari Indonesia adalah udang beku, ikan tuna beku, kepiting, gurita beku, ikan segar, kakao liquer, kakao powder, kopi, kakao, buah markisa, jagung, budsudan (dupa), kayu olahan, rumput laut, karet, minyak mete, kulit mete, mete kupas, tepung terigu, dedak gandum, reptile skin, semen, nikel, marmer, ikan hidup, telur ikan terbang, daging kepiting, dan marmer. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here