Menata Sudirman Lebih Indah, Dirancang 2 Jalur, Tekan Angka Kecelakaan

0
78
PAREPARE—- Pembangunan Pelebaran jalan Jenderal Sudirman Kota Parepare, akan terlihat lebih Indah dan Apik, itu dengan jalannya program pembangunan pelebaran jalan yang diprogramkan Pemerintah Kota. Pelebaran jalan jenderal Sudirman yang sebelumnya hanya memiliki lebar kurang lebih 6 hingga 8 meter, kini akan dirubah menjadi 13,5 meter lebar ruas jalan dilengkapi Medium Pembatas jalan 0,8 Meter.
Mengoptimalisasi peran dan fungsi jalan, Program pelebaran jalan Jenderal Sudirman juga dilengkapi dengan Trotoar bagi pejalan kaki, disisi kiri kanan badan jalan dengan lebar trotoar maaing masing 1 meter, Trotoar ini juga difungsikan sebagai penutup  Drainase yang mengalir dibawahnya.
Pejabat Pelaksana Kegiatan (PPK) Dinas Pekerjaan Umum Kota Parepare. Anasdar St. Mengakui jika Pelebaran jalan Jenderal Sudirman ini dilakukan karena sudah lama direncanakan, Pelebaran juga dilakukan dengan menyajikan konsep 2 Jalur dan bisa dilalui secara 4 Lajur penggunan arah jalan.
“Pelebaran ini dirancang 2 Jalur dan bisa dilalui 4 Lajur arah pengguna ┬ájalan, Konsep ini dinilai bisa menekan terjadinya angka Kecelakaan diruas Jalan Jenderal Sudirman, Karena Kepadatan Kendaraan yang melewati jalur ini” Ungkap Anasdar.
Program pembangunan pelebaran jalan ini, dilakukan mulai dari Samping Markas Komando Brimob hingga ke Pertigaan Jalan Jenderal Sudiman- Jenderal Ahmad Yani (Traffig Light) dengan Panjang jalan 3,7 KM.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Ir.Syamsuddin Taha, menilai program Pelebaran Jalan ini akan memberikan keleluasaan kepada pengendara dan pengguna jalan lainnya, Selain 2 Jalur dilengkapi pembatas, ruas dan badan jalan juga dikuatkan dengan cor beton kemudian dilapisi Aspal kembali seperti ruas jalan sebelumnya.
“Badan jalan ini akan semakin lapang, dimana pengendara tidak saling Bertemu di ruas jalan yang sama, Melainkan masing masing melewati jalur arah tujuan (namun tetap berpapasan) dengan Adanya pembatas di tengah jalan, Jadi Konsepnya seperti Jalan Mattirotasi, tapi Jenderal Sudirman dilapisi dengan Aspal” Ungkap Mantan Kabag.Pembangunan ini.
Pembangunan pelebaran Jalan Jenderal Sudirman, dianggarakan Dua Puluh Tujuh Miliar lebih ini, (Rp.27.030.000.000) dianggarakan dari APBD Kota, dengan Pelaksana CV.Lumpue Indah Dengan Estimasi lama pekerjaan selama 180 Hari Kalender, dan dilaksanakan sejak Akhir Juni lalu.
Pemerhati Sosial Kemasyarakatan Ahmad Soekarno Oedin, Menilai Pembangunan Pelebaran jalan Jenderal Sudirman, memang sudah layak dilakukan, Selain dari Tuntutan Pembangunan Kota, ruas jalan ini juga menjadi Jalur Alternatif bagi AKDP (Angkutan Kota Dalam Provinsi) dengan Volume kendaraan yang padat, bisa memicu tingginya anka Kecelakaan Lalulintas, Olehnya jalur ini memang sudah layak dibenahi, ungkapnya.
Ia juga menilai, Jenderal Sudirman sebagai Pusat Perkantoran, di dukung dengan beberapa Instansi Fertikal, Sangat memungkinkan kawasan ini ditata, utamanya dari segi Alur Transportasinya, dengan konsep Pelebaran jalan yang dirancang jalur 2, tentunya Pemerintah Kota akan menata jalur ini dengan nyaman dilalui, Harap Pemerhati Sosial ini. (effendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here