Kok Bisa, Disnakertrans Tidak Tahu Jumlah Pekerja Asing di Sulsel

0
37

MAKASSAR — DPRD Sulsel kembali menyoroti kinerja pejabat Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pemprov Sulawesi Selatan. Legislator melalui Komisi E Bidang Kesejahteraan Rakyat meminta data tenaga kerja asing yang tersebar di kabupaten/kota di Sulsel.

Ironisnya, justru pejabat (Disnakertrans) Sulsel tidak memiliki data kongkret pekerja asing. “Kami sangat kecewa karena tidak adanya kepastian jumlah tenaga kerja asing di Sulsel. Harusnya, jajaran Disnakertras mampu mengatasi hal itu apalagi itu bagian dari tupoksinya,”ujar Ketua Komisi E DPRD Sulsel Marzuki Wadeng.

Menurut dia, pekerja asing diperlukan fungsi pengawasan oleh instansi terkait dalam hal ini Disnakertrans. Pasalnya, banyak tenaga kerja asing yang belum mengantongi Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing dan Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing.

Anggota Komisi E DPRD Sulsel Sri Rahmi juga mengatakan DPRD akan memberikan deadline untuk Disnakertrans terkait data valid pekerja asing tahun 2016.

Ditambahkan bahwa pihaknya sendiri mendapat informasi ada ribuan pekerja asing yang masuk ke negara kita, dan faktanya di Sulsel sendiri memang tampak di lapangan bahwa tenaga kerja asing masuk di Sulsel tanpa pengawasan.
“Ini berarti Disnakertrans Sulsel tidak bekerja, tidak jelas apa yang dilakukan,” ujar legislator asal PKS itu. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here