Pengamat : AIS Mestinya Tidak Jalankan Protokoler Pemerintahan

0
22

BARRU-–Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI di Kabupaten Barru menjadi buah bibir warga Barru terkait status terdakwah yang tengah di sandang Bupati Barru Andi Idris Syukur (AIS) Selaku Inspektur Upacara (Irup) pada  perayaan HUT RI yang ke 71 tahun di Kabupaten Barru, Rabu kemarin.

Langkah Bupati Barru yang sudah dijatuhi Tuntutan pihak Jaksa Penuntut Umum pada Kasus TPPU  ini, harusnya tidak lagi menjalankan Protokoler Pemerintahan, meski belum ada penetapan dari Kepala Pemerintahan Provinsi dalam hal ini Gubernur. “Secara Hukumnya,  memang itu tidak masalah,  selama surat resmi Penonaktifan belum dikeluarkan Pimpinan (Gubernur) terkait jabatannya selaku Kepala Daerah,”ungkap Praktisi Hukum ini.

Namun Rahmat, menjelaskan, meski sebenarnya tidak masalah namun, secara Normatif sebuah Pemerintahan, “Sebagai kepala Daerah Mestinya menaati aturan yang ada sesuai dengan perundang-undang yang disahkan Presiden”Ungkap Rahmat S Lullung.

Sudah jelas dalam aturannya kepala daerah atau pegawai pemerintahan yang  menyandang status terdakwah, maka secara itu juga di Non Aktifkan dari masa jabatannya sementara, namun hal itu yang tidak   dilakukan didaerah ini, dan itu Kurang Santun terlihat,”tegas dia.    Dia juga menuturkan, Bupati Sebagai kepala daerah tertinggi di suatu daerah mestinya harus memberikan cerminan yang terbaik bagi bawahannya, dan masyarakatnya. “Semestinya sebagai Bupati harusnya taat Hukum, aturannya jelas, meskipun belum di nonaktifkan Gubernur, namun sebaiknya mengundurkan diri dari jabatannya sementara, untuk menjalani proses sidang selanjutnya hingga Prosesnya selesai.

Terpisah, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Kabupaten Barru, Yossi Febrisia, mengatakan, pihaknya hingga saat ini belum menerima surat Penon aktifan Bupati Barru Andi Idris Syukur.

“Hingga saat ini kami belum menerima adanya surat penon aktifan Bupati Andi Idris syukur dari jabatannya, yang dikeluarkan Gubernur.  Namun Pihak Humas Pemkab Barru, menunjuk Andi Idris Syukur Sebagai Irup Peringatan HUT RI di Kab.Barru, Ia juatru meminta hal ini ditanyakan ke Asisten I.”Silahkan saja hubungi Asisten 1 bagian Pemerintahan kalau masalah itu, Pak Asisten yang lebih tau, Kilah Kabag.Humas ini.(efdendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here