Disnaker Makassar Gelar Sosialisasi Hindari Diskriminasasi di Perusahaan

0
87

MAKASSAR¬† — Dinas Tenaga Kerja Makassar melakukan sosialisasi terkait dengan masih adanya tindak diskriminasi yang dialami para pekerja pada perusahaan, tempat karyawan itu bekerja.

“Segala bentuk diskriminasi dalam perusahaan itu harus dihilangkan karena bentuk-bentuk diskriminasi akan melahirkan jurang saja antar satu karyawan dan lainnya,” ujar Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Makassar Sirajuddin di Makassar, Senin.

Dia mengatakan, masih adanya perlakuan yang berbeda atau diskriminasi di tempat-tempat kerja, baik di perusahaan maupun lembaga merupakan masalah serius dalam hubungan industrial yang harus segera dibenahi.

Perlindungan terhadap tenaga kerja dimaksudkan untuk menjamin hak-hak dasar pekerja atau buruh dan menjamin kesamaan kesempatan serta perlakuan tanpa diskriminasi atas dasar apapun untuk mewujudkan kesejahteraan pekerja/buruh dan keluarganya dengan tetap memperhatikan perkembangan kemajuan dunia usaha.

Mengenai norma perlindungan tenaga kerja khususnya perempuan yang didalamnya mengatur segala sesuatu menyangkut tenaga kerja perempuan diantaranya adalah mengenai pengupahan yang sama bagi laki-laki dan wanita untuk pekerjaan yang sama nilainya dan penghapusan diskriminasi atas dasar jenis kelamin di tempat kerja.

“Dalam ketentuan perundang-undangan di bidang ketenagakerjaan, terutama yang mengatur perlindungan terhadap tenaga kerja telah diatur perihal larangan bagi pengusaha untuk tidak memberikan perlakuan diskriminatif terhadap para tenaga kerjanya dengan berbagai alasan yang tidak dibenarkan oleh ketentuan perundang-undangan termasuk atas dasar jenis kelamin,” katanya.

Sirajuddin berharap, semoga kegiatan yang dilaksanakannya akan memberikan dampak yang positif bagi pembangunan Kota Makassar di masa yang akan datang khususnya dalam rangka meningkatkan pengawasan dan perlindungan tenaga kerja perempuan di Makassar.

“Semua pihak harus sepakat bahwa salah satu hak dasar di tempat kerja ialah untuk diperlakukan sama dan tidak diskriminatif. Kesetaraan perlakuan di tempat kerja itu penting untuk mengembangkan hubungan industrial yang adil dan harmonis,” ucapnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here