Kapolri Diberi Gelar Kebangsawanan Bone “La Makkasau Daeng Palallo”

0
2

BONE — Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menerima gelar kebangsawanan ‘La Makkasau Daeng Palallo’ dari Dewan Adat Bone. Pemberian gelar itu karena Tito dianggap sebagai pemimpin yang berani dan amanah.

“‘La Makkasau Daeng Palallo’ berarti pemimpin dengan kemampuan yang tidak tertandingi, berani, dan amanah,” kata Ketua Dewan Adat Bone Andi Baso Hamid saat menganugerahkan gelar itu di Markas Polda Sulawesi Selatan, Makassar, Selasa (23/8).

Upacara penganugerahan gelar adat itu dilakukan sebelum Tito bertolak ke Jakarta setelah menginap di Makassar selama dua hari dalam rangkaian kunjungan kerja di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Turut hadir dalam penganugerahan gelar kebangsawanan adat Bone itu Bupati Bone Andi Fahsar Padjalangi didampingi Kapolda Sulsel Irjen Pol Anton Charliyan.

Menurut Andi Baso Hamid, kata ‘La’ itu kedudukannya lebih duluan dari kata Andi yang banyak digunakan para raja dan bangsawan di Bone sejak zaman kerajaan. Sedangkan ‘Makkasau’ berarti manusia yang memiliki kepemimpinan menyeluruh, berani, dan amanah.

“Gelar yang diberikan ini sesuai dengan rekam jejaknya selama ini, apalagi beliau adalah pemimpin tertinggi di Polri dengan usia yang cukup muda,” katanya.

Selain menerima gelar kehormatan itu, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian juga membuka secara resmi kegiatan bakti sosial berupa operasi katarak dan bibir sumbing, serta kegiatan lainnya. (mrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here