39 CJH WNI di Filipina Urus Paport Via “Biro Jasa”

0
1
PAREPARE—-Sedikitnya 39 warga Sulsel (dari 117 WNI di Filipina) di Wilayah Kerja Imigrasi Kota Parepare Saat ini masih terlantar di Filipina, 39 Warga Sulsel ini. Pengakuan pihak Imigrasi diklaim Memiliki Pasport yang layaknya Warga Negara Lain saat akan mengurus kepemilikan Pasport, hanya saja Proses Kepemilikan Pasport nya itu, melalui “Biro Jasa” yang ada di Imigrasi Parepare.
           Diketahui dari 117 Warga Negara Indonesia (WNI) yang tertahan di Filipina, 39 diantaranya merupakan Warga Sulsel yang ada di 13 Kabupatem/Kota di wilayah Kerja Imigrasi Parepare, Kabupaten Wajo, Barru, Sidrap dan Pinrang.
           Kasi. Informasi Sarana dan Komunikasi Imigrasi Parepare Yanto, kepada Celebes News.com siang tadi, mengaku dari 117 WNI, 39 diantaranya merupakan Warga Sulsel di Wilayah Kerja Imigrasi Parepare, dan saat Pengurusan Kepemilikan Pasport, mereka melalui Biro Jasa yang ada di Parepare, saat proses wawancara, mereka mengaku akan menggunakan Pasportnya untuk Umroh.
          “Proses Kepemilikan Pasport dilakukan layaknya warga Negara Umumnya, hanya saja melalui Biro Jasa, dan tidak dijadwalkan layaknya kepengurusan Pasport bagi Calon Jemaah Haji yang berangkat Reguler dari Departemen Agama Kabupaten Masing masing seperti yang dilakukan sebelumnya” ungkap Yanto.
           Pihak Imigrasi juga tidak mengetahui Sejumlah Warga Sulsel ini, diberangkatkan lewat Travel mana, meski saat wawancara ada yang mengaku akan menggunakan Pasportnya untuk keperluan Umroh.
           Hingga kini pihak Imigrasi masih menunggu koordinasi dengan Pihak Mabes Polri dan Dkirjen Keimigrasian serta Departemen Agama yang mengurusi ibadah Haji. “Verifikasi dari Pihak Mabes Polri masih kita tunggu untuk langkah aelanjutnya terkait 117 WNI dan Khususnya 39 Warga Asal Sulsel di Wilayah Kerja Imigrasi Parepare” terang Yanto didampingi Staff Humas Imigrasi Agung.
            Kapolresta Parepare AKBP.Pria Budi mengaku, belum bisa berbuat, terkait adanya Warga Sulsel yang ikut tertahan di Filipina, “Yang pasti kami masih menunggu, hasil dari pihak Mabes Polri, terkait adanya warga Sulsel di Wilayah Kerja Imigrasi Kota Parepare, Koordinasi dari Mabes Polri ini, akan mengarahkan sikap apa yang perlu kami lakukan untuk tindakan selanjutnya” ungkap Pria Budi disela Realease tangkapan Narkoba kemarin.
           Terkait rencana pemulangan 39 Warga Sulsel di Wilayah Imigrasi Parepare, hingga kinu pihak Imigrasi belum menerima kabar dari pihak Keluarga CJH asal Sulsel yang tertahan di Filipina itu, namun pihak Keluarga mereka sudah menyerahkan proses penangananya ke Pemerintah, ungkap Yanto.
           Terkait keterlibatan pihak Travel yang memberangkatkan mereka, pihak Imigrasi, tidak terlalu banyak menyikapi, “Pada dasarnya Proses Kepemilikan Pasportnya sama dengan Permintaan Kepemilikan Paaport masyarakat umumnya, dan berdasar dengan Kartu Penduduk Elektronik” kilahnya enggan mengomentari terkait travelnya.(effendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here