BPJS Sulbar Sosialisasi Rekon Badan Usaha di Mamuju Utara

0
1
PASANGKAYU —- BPJS Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mengadakan sosialisasi Rekon Badan usaha di Kabupaten Mamuju Utara (Matra) yang tujuannya untuk menertibkan pengguna kartu BPJS serta penerapan kenaikan UMK Sulbar agar pemotongan gaji karyawan badan usaha yang ada di Kab Matra dapat disesuaikan dengan jumlah gaji yang telah diberlakukan sesuai aturan yang telah berlaku. Kepala Operasional BPJS Kabupaten Matra, Amir, saat diwawancarai diruangannya, Selasa (30/08-2016), menjelaskan bahwa Sosialisasi yang dilakukan BPJS Sulbar pada selasa 23/08-2016 lalu untuk memberikan pemahaman kepada badan Usaha terutama Karyawan Perusahaan tentang pemotongan BPJS sebesar 5% dari gaji karyawan serta mengsosialisasikan Pepres No 19 Tahun 2016 itu sendiri.
“Seharusnya, kami sudah melakukan pemotongan sesuai kenaikan UMK bulan Januari 2016. Namun, karena kami di Matra lambat menerima pemberitahuan, maka kami hanya melakukan pemotongan gaji Karyawan Swasta 5% dari perhitungan gaji UMK lama”, ungkapnya.
Amir juga menjelaskan bahwa untuk Gaji UMK lama sekisar 1juta 980ribu dan UMK baru mengalami kenaikan dengan total sekisar 2jt 178rbu, sehingga ada kenaikan nilai pemotongan.
Karena keterlambatannya menerima SK pemberitahuan dari BPJS Provinsi tentang kenaikan UMK, Amir mengatakan bahwa itu bukanlah suatu kesengajaan, sehingga dianggap bukan selisih.

Rekon Badan Usaha Se-Kabupaten Mamuju Utara (Matra). Sosialisasi Pepres No 19 Tahun 2016, tentang BPJS. untuk Matra, tidak ada selisih, namun yang ada hanya selisih UMK. Pembayarannya akan dilakukan per-September untuk kekurangan UMK.

“Untuk Matra, tidak ada selisih BPJS, yang ada hanya selisih pemotongan UMK namun kami anggap itu bukan selisih. Untuk kekurangan pemotongan per-Januari, kami akan memberikan keringanan dengan melakukan pemotongan kekurangan hanya bulan Januari dan Bulan September sesuai UMK yang berlaku”, jelasnya. (edison)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here