Pelindo IV Turut Ramaikan IBD Expo 2016, Menteri BUMN Dapat Penjelasan Kepelabuhanan

0
4

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I, II, III dan IV (Persero) terlibat dalam Indonesia Business and Development Expo (IBD Expo) 2016, yang digelar Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui BUMN yang tergabung dalam National Publishing and News Corporation (NPNC).

Dalam siaran persnya, Kepala Biro Umum dan Humas Kementerian BUMN Wahyu Wibowo mengatakan, pameran berskala internasional yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) selama empat hari (8-11 September 2016) tersebut, dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Kamis (8/9/2016).

“NPNC sendiri merupakan sinergi empat BUMN yang terdiri atas Perum LKBN Antara, PT Balai Pustaka, Perum Percetakan Negara Republik Indonesia dan Perum Produksi Film Negara,” kata Wahyu.

Menurutnya, IBD Expo 2016 adalah forum bisnis dan pameran dagang berskala internasional yang merupakan manifestasi semangat dan solidaritas komunitas bisnis Indonesia, terutama BUMN. Ajang ini diharapkan dapat mewujudkan sinergi kemitraan dan akselerasi pertumbuhan ekonomi nasional melalui perdagangan, investasi serta pariwisata.

Adapun, rangkaian kegiatan dalam acara ini antara lain pameran, konferensi internasional dengan pembicara dari BUMN Singapura dan China, seminar, deklarasi ASEAN News Agency, temu bisnis, customer gathering, pameran peluang karir di BUMN, hiburan, Malam Penghargaan Ekshibitor, serta pitching Program Kemitraan dan Bina Lingkungan BUMN.

Menteri BUMN Rini M. Soemarno yang hadir untuk memberikan kuliah umum bagi para direksi dan pejabat eselon I BUMN di acara tersebut menyebut bahwa IBD Expo 2016 berfungsi sebagai tempat untuk promosi, interaksi, pendidikan, negosiasi dan transaksi untuk para pelaku bisnis dengan mitra, pelanggan dan stakeholder mereka.

“Hal ini juga merupakan bagian dari upaya membangun kesadaran publik atas prestasi, inovasi, kreativitas dan peran BUMN dalam membangun negeri,” ujarnya.
Lebih jauh, IBD Expo 2016 dirancang sebagai forum bagi para pelaku bisnis di Indonesia untuk mengevaluasi, membahas dan memformulasikan langkah-langkah strategis bisnis mereka. Diharapkan, hal tersebut dapat memercepat realisasi nilai dan visi BUMN untuk mengelola bisnis berskala internasional dan memainkan peran sebagai pelaku bisnis global.

Ajang IBD Expo 2016 ini juga menjadi penting karena merupakan satu-satunya expo produk dan jasa BUMN di Indonesia. Terbagi menjadi 11 zona, lebih dari 700 produk dan jasa ditawarkan dalam pameran ini. Kegiatan ini menjadi peluang ekspansi pasar bagi pelaku bisnis di era Masyarakat Ekonomi ASEAN saat ini.

Dalam IBD Expo 2016 juga dipamerkan sejumlah produk unggulan BUMN seperti senjata api dan tank Anoa milik PT Pindad, kapal buatan PT PAL, maket kereta cepat Jakarta-Bandung dan simulasi penerbangan dari PT Dirgantara Indonesia.

Digelar di Hall A, B dan Cendrawasih Hall Jakarta Convention Center, IBD Expo 2016 diikuti oleh berbagai BUMN, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), anak perusahaan BUMN dan BUMD, mitra bisnis BUMN dan BUMD, serta sejumlah BUMN dari ASEAN dan mancanegara.

Sementara itu, stand PT Pelindo I, II, III dan IV (Persero) yang juga terlibat dalam kegiatan pameran ini mendapat kunjungan dari Menteri BUMN di hari pertama (Kamis). Dalam kunjungannya, Rini M. Soemarno didampingi Direktur Utama Pelindo IV Doso Agung yang memberikan penjelasan tentang kepelabuhanan. (ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here