Ir Imran, Kepala Bidang Perkebunan Dishutbun Kabupaten Luwu Utara, Terpanggil untuk Tetap Mengabdi

0
72

LUWU UTARA —- Soekarno pernah mengatakan, “Seribu orang tua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat mengubah dunia.” Ucapan Soekarno itu ada benarnya. Seyogianya, setelah gelar sarjana sudah kamu genggam, saatnya  menerapkan ilmu yang didapat selama kuliah, salah satunya dengan terjun ke dalam program pengabdian masyarakat.

BERADA jauh di sebuah kabupaten tak menyurutkan kadar pengabdian Ir Imran. Malah, kecintaannya kepada negeri ini semakin bertumbuh. Barangkali itu karena setapak dari tempatnya biasa berdiri, sudah merupakan prinsip dimana langit dijinjing, disitu bumi dipijak.

Tak penting dari suku mana kita berasal. Tak penting pula di mana kita bermukim. Yang pasti, Imran sedemikian mencintai tanah air Indonesia. Mencintai tugasnya sebagai abdi masyarakat, dan mencintai tugas-tugasnya sebagai kepala bidang perkebunan pada Dishutbun Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan.

Kecintaan lelaki berkulit coklat itu dalam mendorong sektor perkebunan kerap diungkapkan pada saat terlibat dialog dengan para petani di Luwu Utara. “Saya teramat mencintai tugas-tugas yang negara berikan kepada saya, secara khusus bagaimana mendorong sektor perkebunan di Kabupaten Luwu Utara ini menjadi potensi unggulan yang dapat mensejahterakan masyarakat,” tuturnya kepada media celebesnews.

Kalau saja Imran tak mencintai tugas-tugasnya sebagai kepala bidang perkebunan, buat apa dia repot-repot selalu membina para petani dan memikirkan kemajuan bidang perkebunan di Luwu Utara. Buat apa dia relah mengorbankan banyak hal demi tanggung jawab dan amanah yang diembannya, semua ini semata-mata karena panggilan pengabdian dan tanggung jawab.

Segala apa yang telah dicurahkannya untuk kemajuan sektor perkebunan, ternyata belum membuat Imran puas. Isi kepalanya masih dipenuhi obsesi. Kelak, dia ingin membuat terobosan-terobosan agar petani perkebunan benar-benar bisa lebih sejahtera kedepan.

Memang apa yang telah dilakukan oleh Imran belum seberapa, langkah-langkah besar masih menantinya didepan, petani menantikan gebrakan dan terobosan bagaimana mengembalikan kejayaan Luwu Utara sebagai lumbung hasil perkebunan di Provinsi Sulawesi Selatan.

Meski begitu, apresiasi atas capaian dan gebrakan-gebrakan yang telah dilakukan olehnya patut direspon positif. Karena itu, Inspektorat Jendral kementerian Pertanian RI secara khusus melakukan kunjungan ke Kabupaten luwu Utara baru-baru ini dalam melihat lebih dekat bagaimana sektor perkebunan di daerah ini. Hasilnya, mendapat respon positif.

Suprianto Koordinator Tim Inspektorat Jendral kementerian Pertanian RI mengapresiasi implementasi program kerja sektor perkebunan sehingga sejumlah komoditi di sektor ini bisa jadi komoditas unggulan.

Sekedar diketahui kunjungan tim yang berasal Inspektorat Jendral kementerian Pertanian RI tersebut, termasuk dalam rangka Pengawalan kegiatan pengembangan kakao di Luwu Utara, serta melakukan monitoring terhadap implementasi program kerja di bidang  perkebunan agar bisa melihat langsung sejauh mana serapan kegiatan yang telah dilaksanakan. “Kami mengapresiasi kinerja kepala bidang perkebunan pemerintah daerah kabupaten Luwu Utara, beliau mampu mengawal dan membangun sektor perkebunan sehingga bisa mengalami kemajuan positif,” tutupnya. (frans)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here