MANA URUS…. Lapor Pak Bupati !!! Nasib Potensi Wisata Sinjai Mati Suri, Miliki Air Terjun Cantik Tapi Tidak Terawat dan Tidak Terekspose

0
248

SINJAI —– Kabupaten Sinjai memang dikenal sebagai daerah yang memiliki banyak air terjun, karena 80 persen daerah ini adalah pebukitan. Salah satu air terjun yang paling cantik adalah air terjun Lembang Saukang (Lemsa) dan dikenal dengan nama Air Terjun 7 Tingkat. Air Terjun Lemsa 7 Tingkat dibilang cantik, sebab air yang jatuh ke sungai harus melalui tangga batu alami yang membuat percikan air menjadi lebih indah.

Ya, air terjun ini berada di Lembang Saukang, Desa Suka Maju, Kecamatan Sinjai Tellu Kimpoe, Kabupaten Sinjai. Menujunya, butuh waktu 45 menit dari Kota Sinjai dari Kota Bulukumba.

img_660_442_ada-air-te_1473492415njaiSeperti dikutip dari salah satu media online menyebutkan, sejumlah fasilitas di Air Terjun Lemsa sudah rusak karena tidak adanya perawatan, termasuk jembatan gantung dan tangga menuju air terjun. Selain itu, gazebo sert villa kecilnya hanya dipenuhi dedaunan dan lumut serta tulisan vandali dari pengunjung yang mengumuhkan lokasi tersebut.

“Dulu dikenal sekali di sini. Sangat ramai pengunjung, bahkan setiap hari banyak orang Bulukumba dan Bantaeng datang. Tapi sekarang tidak tahu kenapa pemerintah tidak perhatian,” ungkap Humra, warga sekitar air terjun.

Selain Lemsa, beberapa objek lainnya yang tidak mendapat perhatian Pemda Sinjai yakni Air Terjun Barambang, Kolam Renang Baruttunge, Air Terjun Pincuni Sinjai Barat dan beberapa objek wisata yang terkenal lainnya.

Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kab. Sinjai Dewi Angraeni menjelaskan, jika saat ini anggaran untuk pengembangan wisata sangat minim dan terkuras di tahun 2015 lalu. Apalagi Sinjai dalam satu tahun hanya bisa memaksimalkan 1 (satu) objek wisata untuk dianggarkan.

“Sudah 10 tahun memang di sana tidak ada pemeliharaan. Ke depannya, kita akan dorong itu. Karena dana APBD kami sangat minim saat ini. Mudah-mudahan APBN bisa masuk dan membantu pembangunan wisata di Sinjai,” tuturnya. (int)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here