Pengamat Pemerintahan : Sudah Saatnya Bupati Evaluasi Humas

0
42

SINJAI, CNEWS — Pengamat pemerintahan Syamsu Alam menilai geliat pembangunan di Kabupaten Sinjai yang kurang terekpose patut dipertanyakan. Berbeda dengan daerah lainnya di Sulawesi Selatan bagian humas dan protoku ol pada sekretariat daerah benar-benar menjalankan fungsinya dengan baik. “Kami khawatir sikap humas pada Setda Kabupaten Sinjai akan memberi pengaruh citra kurang positif terhadap kepala daerah,” jelas Syamsu Alam kepada celebesnews,

Penilaian terhadap kurangnya publikasi pada jajaran pemerintah daerah Kabupaten Sinjai tersebut, bukan tanpa alasan. Faktanya, publikasi keberhasilan bupati dalam mendorong pembangunan di Kabupaten Sinjai selama ini dinilai masih belum begitu maksimal, secara khusus melalui media. Dampaknya, masyarakat bisa saja menilai bupati selama ini kurang berhasil dalam mendorong pembangunan di Kabupaten Sinjai.

“Sebagai pengamat di bidang pemerintahan kami menilai kurang lebih seperti itu, publikasi terhadap berbagai kegiatan pada jajaran pemerintahan masih kurang dilakukan oleh bagian Humas dan protokol. Karena itu, kalau Sinjai ingin mendapat respon positif lebih baik dari masyarakat Sinjai, humas harus bisa memainkan peran dalam membantu publikasi terhadap berbagai keberhasilan pembangunan di Kabupaten Sinjai,” ujarnya.

Bukan apa-apa, menurut Syamsu Alam, dengan keterbukaan informasi kepada public tentang Sinjai, sekaligus ini akan mengundang respon positif orang luar untuk melirik Sinjai sebagai daerah tujuan investasi. “Coba selama ini mana ada publikasi potensi daerah tentang Sinjai yang kita lihat, orang luar tidak tau, apa yang ada di Sinjai, sehingga untuk berinvestasi orang tidak memiliki referensi atau informasi seputar daerah ini,” tuturnya.

Oleh karana itu, dalam mendukung kerja-kerja bupati, humas harus bisa menerjamahkan kebutuhan Sinjai seperti apa. Bukan justru sebaliknya, humas yang diharapkan selama ini dapat memainkan peranan penting, justru jauh atau kurang dekat dengan media. “Disitukan humas punya anggaran, masa tidak bisa dikelola dengan baik, ada apa ? kalau memang tidak bisa bekerja bupati humas evaluasi humas,” pungkasnya. (rhmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here