Sargas TMMD-97 Bangun Bendungan Roboh di Luwu

0
25
LUWU-–Dandim 1403 Sawerigading, Letkol. Kav. Cecep Tendi  ikut mengerjakan pembangunan bendungan yang sempat diterjang banjir malam sebelumnya. Warga bersama TNI dan Polri bekerjasama memperbaiki bendungan Pakkalolo di Kabupaten Luwu yang rusak diterjang banjir sebelumnya.
            Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-97  2016 melakukan berbagai kegiatan pembangunan di Wilayah Kecamatan. Salah satunya adalah perbaikan bendungan Pakkalolo di Kabupaten Luwu.
           Kondisi bendungan yang patah diterjang Banjir sebelumnya, kini proses pembangunannya mencapai 60 persen pasca bencana alam yang melandam,  Landasan bendungan yang patah kembali tersambung  dengan lainnya.
Proses Perbaikan Bendungan ini dikerjakan secara Non stop sekitar 70 personil gabungan TNI, Polres Luwu dan masyarakat.
            Dandim 1403 Sawerigading, Letkol Kav Cecep Tendi didampingi Pabung Luwu, Mayor Inf Pagasing dan sejumlah Perwira Kodim 1403 Sawerigading, memimpin Proses perbaikan Bendungan.
              Bendungan sepanjang 35 Meter ini, diperbaiki sedemikian rupa, untuk mencegah kerusakan kembali, Satgas TMMD menjejer bebatuan
sepanjang  25 meter mengijut Panjabg Bendungan, Satgas TMMD menyisahkan 10 meter untuk alur air sungai mencegah meluapnya air sungai, jejeran batu ini dikuatkan dengan tumpukan Karung pasir di sepanjang deretan batu diatas bendungan.
“Ini terus ditingkatkan. Kita upayakan, pengerjaan perbaikan bendungan ini bisa selesai secepatnya. Jika tidak, kita akan berhadapan dengan banjir yang kapan saja siap menerjang pekerjaan yang kita lakukan di bendungan ini,” terang Dandim 1403 Letkol.Kav.Cecep Tendi Sutendi, menyemangati Tim TMMD.
Sebelumnya, Minggu, 25 September 2016, banjir
menghantam bendungan Pakkalolo. Air sungai Pakkalolo di Desa Lengkong, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu meluap. Luapan terjadi akibat banjir kiriman dari hulu. Kondisi gunung yang gundul di wilayah hulu tak bisa menyerap air hujan sehingga terjadi erosi. Akibatnya, banjir menghantam
bendungan Pakkalolo yang tengah dikerjakan  Tim TMMD ke-97.   (Penrem 142/Tatag-effendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here