Peringati HTN, Mahasiswa Lakukan Aksi Tutup Jalan

0
1

SINJAI — Solidaritas Perjuangan Mahasiswa dan Pemuda Sinjai mengelar aksi demonstrasi dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional (HTN). Kamis(29/9) di Jl Jend Sudirman.

Aksi yang diikuti ratusan mahasiswa  tersebut menuntut Pemerintah melaksanakan demokrasi sejati dan Undang undang pokok agraria UUPA secara murni.

Pada aksi tersebut terlihat para demonstran secara bergantian melakukan orasi di perempatan lampu merah Jendral Sudirman dan menutup jalan, sehingga pengendara terpaksa dialihkan ke jalan lain.

“Tanah untuk rakyat bukan untuk pemodal hentikan liberilisasi pertanian dan dorong reformasi agraria,” teriak salahsatu Orator Aksi, Andis.

Sementara itu Kordinator Aksi, Akmal Uro menuturkan jika saat ini 74% tanah terhampar luas di monopoli oleh 0,2% penduduk indonesia dan 80% sumber daya alam di kuasai asing.

“Kami menuntut pemerintah untuk menghentikan kriminilisasi dan intimidasi kepada petani, serta mewujudkan program pemerintah 9 juta hektar tanah untuk rakyat serta transparansi pendistribusian alat, pupuk, pertanian,” ujarnya.

Dari pantauan dilokasi demo, terlihat ratusan Mahasiswa yang terdiri dari berbagai organisasi seperti mahasiswa Pembebasan, Himara, Himilp, Mapala, KKMK, BPAN dan dikawal ketat puluhan Aparat Kepolisian Resort Sinjai. (rhmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here