Mengenal Sosok Kepala Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Luwu Utara, Sri Suswati : Mengabdi itu Melayani

0
6

Mengabdi dengan ikhlas adalah salah satu swadarma manusia dan salah satu bentuk yadnya sebagai Aparatur Sipil Negara. Amanat ini rupanya dipegang tegus oleh

Sri Suswati sebagai Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan.

Seperti merujuk pada sloka Reg Weda Madawa sewa Manawa Sewa yang artinya cara berbakti Tuhan adalah dengan berbakti kepada pekerjaan atau swadharma kita masing masing. Dengan melayani dan mengabdi kepada masyarakat adalah cara kita juga mengabdi kepada Tuhan,” tuturnya.

Beberapa kali sempat mendapat sorotan, Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kabupaten Luwu Utara terus berupaya untuk meningkatkan kinerjanya guna mendorong tingkat kepercayaan masyarakat maupun pihak-pihak lain yang berkaitan langsung dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi)-nya, atau pun yang berhubungan dengan tanggung jawab lintas sektoral.

Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Luwu Utara Sri Suswati mengakui bahwa kondisi yang lalu dinas yang dipimpinnya mengalami cobaan yang luar biasa, hingga ketika ia diberikan mandat oleh Ibu Bupati Luwu Utara secara khusus berpesan jangan takut untuk bekerja dengan baik dan benar sesuai aturan.

Dijelaskan Sri, meskipun tugas dan tanggung jawab yang dipikulnya cukup berat, namum ia tidak merasa terbebani. “Saya diamanahkan menjadi Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan pun tidak meminta atau pun dengan dengan cara lainnya. Karenanya, saya akan bekerja sebaik-baiknya sesuai aturan yang berlaku,” ungkapnya lagi.

Peningkatan derajat dan perbaikan pelayanan melalui peningkatan sarana dan prasara pendukung pelayanan menurutnya sangat penting dan mendasar. “Termasuk

dalam melayani masyarakat dalam perekaman e-KTP kami kadang lembur malam hari dan menambah jam pelayanan serta mengoptimalkan semua potensi yang ada,” ujarnya.

Menurut Sri, untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan kemampuan yang dapat memenuhi kebutuhan zaman, maka disamping perlu adanya perubahan paradigma kebijakan, juga perlu pengaturan distribusi alokasi anggaran sesuai kondisi dan kebutuhan setiap bidang kerja agar semua dapat terlayani dengan baik.

Data  Kependudukan Luwu Utara :
1. Jumlah penduduk Luwu Utara adalah 362.653 jiwa.
2. Jumlah wajib KTP 256.459 jiwa.
3. Yang Telah memiliki KTP eletrik 175.505 jiwa
4. Yang melakukan Perekaman sejak tanggal 1 September hingga 31 september sebanyak 8.981 jiwa
5. Total KTP 184.486
6. Sisa 71.973 dari wajib KTP.

 

LAPORAN : FRANS, BIRO LUWU UTARA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here