Pelayanan Samsat Sinjai Pasca Petugas Tertangkap Tangan Mulai Lebih Terbuka

0
22

SINJAI,- Pihak petugas di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Sinjai, Sulawesi Selatan tampak hati-hati dalam melayani warga. Mereka langsung memperlihatkan jumlah pembayaran pajak kendaraan warga sesuai yang tertera di surat kendaraan.

” Kita sudah ingatkan ke petugas agar sistem pembayaran tidak boleh ada perantara dari pemilik sepeda motor ke orang lain dan besaran pembayaran tertera langsung tidak lebih,” kata Kepala Bidang Adaministrasi Pelayanan Samsat Sinjai Laereng, Kamis (20/10/2016).

Spanduk Samsat juga terpasang besar di depan pintu masuk dari kantor tersebut bahwa jangan melalui calo.

Dua hari sebelumnya Propam Polda menangkap dua pegawai lepas harian Samsat Sinjai karena tertangkap tangan oknum petugas Samsat sedang melakukan aksi pungutan liar. (*)

Di Sinjai Kapolda Sulsel Ingatkan Instansi  yang Suka Pungli Agar Hati-hati

Sementara Kapolda Sulselbar Irjen Pol Anton Charliyan di Sinjai menegaskan agar kepada instansi yang rawan aksi pungutan liarnya untuk lebih berhati-hati.

“Sebab kami akan tempatkan personel kami pada instansi yang rawan pungli itu,” kata Anton usai memberi pengarahan kepada seluruh anggota Polres di Sinjai.

Namun hal yang paling mendasar yang ingin dituntaskan adalah peraktek Pungli di internal kepolisian jajaran Polda Sulsel. Ujarnya

Lanjut Kapolda, Dia meminta bawahannya khususnya anggota polisi yang bertugas di bagian pelayanan publik seperti pengambilan Surat Izin Mengemudi (SIM), Samsat, SKCK dan Unit Lalulintas agar menghilangkan kebiasaan pungli.

Diapun Menambahak., Diharapkan petugas di tempat itu dapat mamasang tarif sesuai dengan tarif yang sebenarnya. Dia menilai awal dari korupsi yang paling nyata adalah aksi pungli dan selanjutnya akan menghilangkan kebiasaan aparat gratifikasi.

Sampai saat ini sudah berjumlah 22 orang yang tertangkap tangan melakukan aksi pungli. Dan jumlah tersebut diperkirakan masih akan meningkat dan meminta masyarakat menunggu hasil pendalaman Tim Satgas Anti Pungli Polda Sulsel.

Pelyanan optomal, cepat, bisya harus dicsntumksn, jngn ada lokt nnxk dn htus cepat.
– mempetbaiki pelyanan yg oktomal.
– pungli sektor korupsi terdepan. Zero korupsi, zero calo dn gratifikasi. Skrg kita bentuk satgad 22 org.
– tertibkan kedalam dulu jdi sy.mohon hati2. Semua tim sudah berda d t4 yg rawean pungli. Krena polisi dosmsnhkan oleh negara. (rhmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here