Tim OTT Polda Sulsel Bongkar Pungli Jembatan Timbang Maccopa Maros

0
40

MAKASSAR — Gurita Praktik Pungutan Liar (Pungli) di Jembatan Timbang, Maccopa, Kabupaten Maros Sulawesi Selatan berhasil dibongkar oleh Tim Operasi Tangkap Tangan (OTT) Polda Sulsel, Jumat (21/10/2016) Sekira pukul 23:00 Wita.

Tim Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dipimpin langsung Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum Polda Sulsel), Kombes Pol Erwin Zadma berhasil menangkap 10 orang pelaku pungli di Jembatan Timbang Maccopa yang selama ini banyak dikeluhkan oleh beebagai kalangan .

” Setelah dilidik dua hari kita berhasil 10 orang pelaku dan barang bukti pungutan liar,” Kata Erwin Zadma saat merilis hasil tangkapan OTT di Mapolda Sulsel,Jumat (21/10/2016) Siang tadi .

Berdasarkan informasi yang berhasil dihinpun, 10 Pelaku yang diamankan adalah, 1 PNS UPTD Dishub Pemprov Sulsel, 5 Honorer UPTD Dishub Pemprov Sulsel, dan 4 kernet truk. Oknum PNS Dishub inisial MO menerima pembayaran uang tanpa melalui prosedur penimbangan.

Terpisah, Kepala Bidang Bidang Humas Polda Sulsel,Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan,barang bukti yang berhasil diamankan pada saat OTT adalah, uang tunai Rp12 juta, potongan karcis, buku mutasi, slip penyetoran ke Pemprov setiap hari antara Rp1,3 jt s/d Rp2 juta.

” Pelaku dan barang bukti saat ini telah diamankan di Mapolda Sulsel untuk tindak lanjut penyidikan,” kata Frans Barung Mangera saat dihubungi via selulernya.

Frans mengatakan, dari hasil pemeriksaan awal,praktik pungutan liar yang berlansung di Jembatan Timbang di Maccopa Kabupaten Maros dengan cara membayar sejumlah uang untuk retribusi tanpa mobil angkutan ditimbang dimana petugas tidak memberikan karcis resmi yang dikeluarkan oleh instansi terkait.

” Modusnya, pemilik kemdaraan tidak melalui jalur timbangan praktik ini tentunya berpotensi merugikan negara millaaran rupiah pertahun,” tegas perwira tiga bunga melati ini, demikian dikutip dari salah satu media online. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here