Disnaker Makassar Sosialisasi Aturan Outsourcing, THR dan Uang Service

0
94

MAKASSAR — Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Makassar menggelar Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan Ketenagakerjaan Angkatan VI di D’Maleo Hotel, Rabu (20/10/2016).

Kepala Disnaker Kota Makassar, Andi Bukti Djufrie SP.,M.Si dalam sambutannya mengatakan, peraturan Perundang-undangan Ketenagakerjaan tidak kurang dari 202 peraturan, yang terdiri dari 21 Undang-undang (UU), 29 Peraturan Pemerintah (PP), 17 Keputusan Presiden (Kepres), 90 Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) dan 44 Keputusan Menteri Ketenagakerjaan (Kepmenaker).

“Dari keseluruhan peraturan dimaksud yang dipandang penting untuk disosialisasikan saat ini adalah peraturan-peraturan yang terkait dengan outsourcing (alih daya), THR bagi pekerja, dan uang service bagi pekerja di perhotelan,” terang Andi Bukti yang didampingi Kabid Hubungan Industrial dan Syarat Kerja (Hubin Syaker), Andi Rahmat Mappatoba S.STP.,M.Si dan Kasie Hub. Industrial dan Syarat Kerja, Muchlis S.Sos saat membuka kegiatan sosialisasi tersebut.

Menurutnya, regulasi dan implementasi outsourcing masih menjadi salah satu isu pada momen peringatan hari buruh internasional atau may day tahun ini. Permenaker 19 tahun 2012 yang merupakan payung hukum dan pekerja outsourcing menjadi penting untuk disosialisasikan dan terutama evaluasi terhadap implementasinya di Kota Makassar dalam kurun waktu tahun 2013-2015. Selanjutnya ketentuan yang mengatur tentang THR dan uang servis, telah dikeluarkan peraturan terbaru masing-masing Permenaker No.6 tahun 2016 dan Pemenaker No.7 tahun 2016.

Kedua permenaker tersebut merupakan tindak lanjut dan aturan pelaksanaan Peraturan Pemerintah No.78 tahun 2015 tentang pengupahan. Sebelumnya Kabid Hubin Syaker, Andi Rahmat Mappatoba S.STP M.Si juga mejelaskan, kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan baik pekerja maupun perusahaan terkait peraturan ketenagakerjaan. Sehingga, bisa meminimalisir terjadinya perselisihan hubungan industrial. Pekerja pun diharapkan untuk tidak segan melapor ke Disnaker Kota Makassar, jika mengalami hal yang bertentangan aturan ketenagakerjaan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here