Hati-hatiki Bosss…… Nanti Kena OTT, Warga Sinjai Barat Keluhkan Dugaan Pungli Kartu Ternak

0
26

SINJAI, CNEWS — Masyarakat Desa Bontosalama Kecamatan Sinjai Barat mengeluhkan adanya dugaan pungutan liar terkait pengambilan kartu ternak yang diadakan oleh petugas kartunisasi ternak Kesehatan hewan (keswan) di Desanya, Selasa(25/10/2016)

Informasi yang di Himpun menyebutkan penarikan pembayaran kepada masyarakat untuk melengkapi dan memeriksa kesehatan ternak masyarakat setempat ini dilakukan oleh staf Camat dan mewakili dari Keswan Sinjai sebesar Rp 15.000.

Salah seorang Masyarakat Syamsul(23) mengaku dirinya membayar Rp 15.000 padahal dirinya pernah mendengar jika pembayaran seharusnya 10.000 per ekornya.

“Saya heran pembayaran langsung diterima oleh pak Idin namun kepala Dinas keswan kab. Sinjai sendiri menegaskan biaya kartu ternak sapi sangat jelas Rp 10.000 per ekor kenapa ada tambahan lagi Rp 5.000 oleh Staf kades Bonto salama sehingga menjadi Rp 15.000 yang berbeda dari dua desa tetangga yang cuman Rp 10.00 saja”Ujarnya.

Sementara Itu Sekretaris Dinas Peternakan dan Keswan Sinjai Irwan Suaib saat di hubungi mengatakan jika pembayaran kartu ternak memang hanya sebesar Rp 10.000 yang sesuai perda ni.26 tahun 2012 tentang retribusi pemakaian kekayaan daerah.

“Maka biaya registrasi dan vaksinasi ternak sebesar Rp 10.000 itulah yang di stor ke daerah,jadi tidak dibenarkan petugas peternakan yang memungut lebih,masing-masing desa juga memiliki aturan tersendiri makanya setiap desa berbeda biayanya bahkan ada desa yang gratis,”Kuncinya. (rhmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here