Parepare Menuju Universal Health Coverage Dari Menteri Kesehatan RI

0
23
PAREPARE—Pemerintah Kota‎ Parepare, mendapat penghargaan, di hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52‎. ‎Parepare dinilai sebagai salah satu Kota yang berjasa dalam bidang Pelayan Kesehatan.
Kota kelahiran presiden ke-3 RI, BJ Habibie, ini dinobatkan sebagai kota terbaik menuju Universal Health Coverage dengan peserta yang memiliki Kartu Jaminan Kesehatan‎ tertinggi 80 persen (zona hijau)
Dari sini Kota Parepare menerima Penghargaan yang diserahkan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, di Wakili Agus Arifin Nu’Mang, (Wagub) di kompleks Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel). Senin (14/11/2016).
Hampir seluruh kepala Daerah di Sulsel penerima penghargaan hadir dalam kegiatan tersebut dan Kota Parepare salah satunya.
Walikota Parepare H.M Taufan Pawe SH.MH. menjelaskan, pelayanan Kesehatan di Parepare dinilai cukup efektif dalam bidang pelayanan terkait program BPJS Kesehatan.
“Sudah lebih 80 persen Penduduk di kota kita menjadi peserta BPJS, kita masuk lima besar di Sulsel‎ yang menerima penghargaan itu,”ujar Taufan Pawe, usai menerima penganugrahan.
Selain itu, Kota Parepare juga mendapat penilaian terbaik atas kebijakan Pemerintah yang menanggung program BPJS ‎melalui dana APBD.
“Kita juga diakui atas kebijakan yang menganggarkan peserta BPJS melalui APBD,”katanya.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Parepare, dr Muh Yamin Yasin, menambahkan, Kota Parepare berpotensi merampungkan peserta BPJS 100 persen di 2019 mendatang.
“Tidak semua daerah mampu mencapai 80 persen itu, kita berpotensi 100 persen di 2019 mendatang,”tambahnya.
Sekaitan dengan Itu, penghargaan jug‎a didapat sejumlah tenaga perawat Parepare. “Ada 6 Puskesmas kami di Parepare mendapat akreditasi. Dan itu adalah satu-satunya di Sulsel,”ungkap dr. Yamin.(effendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here