Proses Hukum Dugaan Pemalsuan Kuitansi Pembelian Lahan di Jalan Pettarani Makassar Jen Tang Divonis Bebas, JPU Ajukan Kasasi

0
5

MAKASSAR – Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Makassar telah memutuskan Soedirjo Aliman alias Jen Tang bebas dalam kasus dugaan pemalsuan kuitansi pembelian lahan di Jalan Andi Pangerang Pettarani Makassar.

Atas putusan tersebut, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Sukwanto akan mengajukan kasasi. “Kami akan ajukan kasasi langsung, dan itu wajib dilakukan jaksa,” sebutnya.

Ia merasa putusan hakim yang dibacakan saat sidang tadi tanpa mempertimbangkan bukti-bukti dan keterangan saksi yang dihadirkan JPU.

Sukwato menambahkan, pihaknya akan berkonsultasi untuk penyusunan berkas kasasi atas pandangan putusan majelis hakim terkait vonis bebas Jen Tang. “Kita susun dulu materi-materinya, setelah itu kita ajukan kasasi dan menyerahkan materi tersebut,” ujarnya.

Sekadar diketahui, majelis hakim PN Makassar yang diketuai Anshar Majid dan dua hakim anggota, Cening Budiana serta I Made Subagya memutuskan vonis bebas kepada Jen Tang. Jen Tang diseret ke pengadilan karena dinilai melanggar pasal 263 ayat 2 KUHP tentang tindak pidana menggunakan surat palsu atau yang dipalsukan.

Pengusaha showroom mobil di Sulsel ini dianggap telah menggunakan kuitansi pembelian lahan seluas 4.300 meter persegi yang diduga palsu untuk mengajukan peninjauan kembali kasus sengketa lahan ke mahkamah agung. Demikian dikutip dari salah satu media online. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here