DAU Pemprov Sulsel Kekurangan Rp 700 Miliar Untuk Gaji PNS di 2017

0
50

MAKASSAR – Dana Alokasi Umum (DAU) Sulsel 2017, dikabarkan tidak mencukupi untuk membayar gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS), akibatnya sebagian PNS terancam tidak akan gajian.

Ketua Komisi A DPRD Sulsel, Andi Yagkin Padjalangi membenarkan hal tersebut. Bahkan DAU Pemprov Sulsel 2017 mengalami kekurangan sebesar Rp 700 miliar. Hal itu dikarenakan adanya perpindahan kewenangan tanggungan gaji guru SMA/SMK, dari Kabupaten/Kota ke Provinsi.

“DAU kita kan nilainya Rp 2 triliun. Itu pun tidak mencukupi untuk gaji semua PNS Pemprov, yang jumlahnya kalau tidak salah 12 ribu. Ditambah lagi 17 ribu gaji guru SMA/SMK, kita masih membutuhkan anggaran sebesar Rp 700 miliar,” kata politisi Golkar ini melalui sambungan telepon, Jumat 18 November 2016.

Lebih jelasnya, DAU Rp 2 triliun tersebut, sebenarnya mencukupi menanggung gaji 12 ribu PNS. Hanya saja berhubung gaji guru SMA/SMK sudah bukan menjadi tanggungan pemerintah Kabupaten/Kota, melainkan menjadi tanggungan pemprov Sulsel.

“Tetapi kita sudah komunikasi ke Banggar DPR RI. Mereka berjanji akan membayarkan kekurangan tersebut di pertengahan tahun 2017,” ungkapnya.

Selain itu, Andi Yagkin menjamin gaji seluruh PNS Pemprov tetap akan terbayarkan setiap bulannya. “Kita sementara mencari cara bagaimana supaya gaji mereka tidak terbengkalai dan tetap dibayar setiap bulannya,” ujarnya. Demikian dikutip dari salah satu media online. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here