Tangani Masalah Sosial, Camat Mariso Berdayakan Karang Taruna

0
5

Dalam rangka pengembangan Organisasi kepemudaan, Karang Taruna Tingkat Kecamatan Mariso diberikan pembinaan oleh Pemerintah Kecamatan dan Karang Taruna Kecamatan Mariso, di Aula Kantor Camat Mariso, pada Jumat (18/11/2016).

Camat Mariso, Harun Rani sekaligus pembina umum Karang Taruna, mengatakan bahwa pemuda perlu memiliki kemampuan dan keterampilan guna meningkatkan pemberdayaan Karang Taruna sebagai mitra pemerintah Kecamatan dan Kelurahan.

Menurutnya, keberadaan Karang Taruna sangat dibutuhkan guna penanganan berbagai masalah sosial secara bersama-sama dengan pemerintah kecamatan dan Kelurahan.

“Pemerintah Kecamatan atau Kelurahan tidak dapat bekerja sendiri dalam menangani berbagai permasalahan sosial, Karang Taruna diharapkan dapat dijadikan mitra,” ujarnya.

Sementara Ketua Karang Taruna Kecamatan Mariso, Saharuddin Tadep selaku narasumber, dalam paparannya mengungkapkan, bahwa anggota Karang Taruna harus barjiwa sosial tinggi.

Dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, Karang Taruna adalah mitra pemerintah, yang secara bersama-sama menanggulangi setiap permasalahan sosial.

“Banyak permasalahan sosial yang bisa ditanggulangi secara bersama-sama antara Karang Taruna dan pemerintah, seperti masalah narkoba, miras, Kenakalan Remaja,bencana alam dan yang lainnya,”katanya.

Majelis Pertimbangan Karang Taruna Kota Makassar Nasir Erang mengungkapkan, bahwa kelembagaan Karang Taruna di kelurahan beranggotakan masyarakat usia 13 sampai 45 tahun. Sedangkan jajaran kepengurusannya berusia 17 sampai 45 tahun.

Menurutnya, Karang Taruna memiliki kedudukan, tugas pokok dan fungsi sebagai mitra pemerintah Kelurahan. Diharapkan kemitraan antara Karang Taruna dan pemerintah Kecamatan dan Kelurahan dapat menciptakan kerjasama yang sinergis.(adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here