Dana Alokasi Umum Kurang, Gubernur Mulai kelimpungan Urus Gaji PNS untuk 2017

0
2

MAKASSAR – Kurangnya Anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) untuk Sulsel tahun 2017, membuat Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL) kelimpungan.

Dikhawatirkan jika pemerintah pusat tidak menambah anggaran DAU, sebab pihaknya tidak tahu harus mencari dimana tambahan anggaran DAU yang diperuntukkan untuk honorarium Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun depan.

“Kemungkinan terburuk kalau kementerian tidak kasih. Kita akan cari jalan di mana. Ada sih jalan keluarnya tetapi agak setengah mati kita berpikir untuk itu. Misalnya dana talangan, tapi itu kan membutuhkan kebijakan-kebijakan nasional,” ungkap SYL, Senin 21 November 2016.

DAU Pemprov Sulsel 2017 mengalami kekurangan sebesar Rp 700 miliar dari yang dibutuhkan Rp 2 triliun, kekurangan itu tidak dapat mengcover semua gaji PNS, apalagi adanya perpindahan kewenangan tanggungan gaji guru SMA/SMK dari kabupaten/kota ke provinsi.

Ketua Gubernur se-Indonesia ini sudah melayangkan surat ke Kementerian Keuangan untuk mengatasi persoalan tersebut. Namun hasilnya hanya dijanji.

“Dia bilang akan mencarikan jalan keluar, cuma kita tunggu, cuma waktunya ini yang agak mepet, sementara kita dibatasi anggaran pokok harus masuk, sementara uang juga belum maksimal ada, jadi kita harap kita semua harus prihatin, dan menunggu kebijakan nasional yang ada,” tuturnya. Demikian dikutip dari salah satu media online. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here