Pelindo Tandatangani Kesepakatan Bersama dengan Enam Bank, Penyediaan dan Pemanfaatan Layanan Cash Management

0
50

PT Pelabuhan Indonesia I, II, III dan IV (Persero) melakukan penandatanganan Kesepakatan Bersama tentang Penyiapan Rencana Kerja Sama Penyediaan dan Pemanfaatan Layanan Cash Management Dalam Rangka Mendukung Penerapan Integrated Billing System dengan enam bank, yaitu PT Bank Mandiri, PT Bank Negara Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia, PT Bank Central Asia, PT Bank CIMB Niaga dan PT Bank Bukopin.

 

Penandatanganan Kesepakatan Bersama yang dilakukan oleh masing-masing Dirut Pelindo I Bambang Eka Cahyana, Dirut Pelindo II Elvyn G. Masassya, Dirut Pelindo III Orias Petrus Moedak dan Dirut Pelindo IV Doso Agung tersebut dilaksanakan di Gedung Kementerian BUMN Lantai 21, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat pada Selasa, 29 November 2016.

 

Sekretaris Perusahaan Pelindo IV Baharuddin M. mengatakan, Kesepakatan Bersama itu ditandatangani untuk mendukung program pemerintah berupa peningkatan daya saing industri, kemandirian industri dan kepastian usaha di sektor pelabuhan.

 

“Sehingga, para pihak sepakat melakukan rencana kerja sama untuk penyediaan dan pemanfaatan layanan Cash Management milik pihak bank yang bekerjasama, untuk mendukung Integrated Billing System di Pelindo I, II, III dan IV serta layanan produk dan jasa perbankan lainnya,” jelas Baharuddin, Senin (28/11/2016).

 

Dia menyebutkan, tujuan Kesepakatan Bersama itu adalah untuk membangun kemitraan dan Sinergi BUMN antar para pihak, dengan prinsip saling menguntungkan dalam memanfaatkan potensi yang dimiliki masing-masing pihak yang didasarkan pada prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) serta tunduk pada ketentuan hukum, peraturan dan prosedur yang berlaku terhadap para pihak dan persetujuan dari manajemen masing-masing pihak.

 

Adapun lanjut dia, ruang lingkup Kesepakatan Bersama ini adalah memersiapkan rencana kerja sama penggunaan fasilitas perbankan melalui layanan Cash Management, secara terintegrasi untuk mendukung penerapan Integrated Billing System di masing-masing lingkungan Pihak Pertama dalam hal ini PT Pelindo I, II, III dan IV serta pemberian layanan produk dan jasa perbankan lainnya yang meliputi antara lain, melakukan inventarisasi data dan informasi terkait potensi yang dimiliki oleh PT Pelindo I, II, III dan IV yang berkaitan dengan rencana kerja sama yang akan dilakukan. (ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here