DKP3 Laksanakan Evaluasi Penyelenggaraan Penyuluh se Kabupaten Luwu Utara

0
2

20161202_085713LUWU UTARA, CNEWS — Dalam rangka meningkatkan kontribusi sektor pertanian terhadap pembangunan nasional, kementrian pertanian telah memprogramkan kegiatan yang perlu mendapat dukungan penyuluhan. Hal ini disampaikan Kepala Badan BKP3 Kabupaten Luwu Utara, Ir Armiady MSi dalam sambutannya pada kegiatan evaluasi penyelenggaraan penyuluhan pertanian tingkat Kabupaten Luwu Utara tahun 2016.

Menurut Armiady, dalam upaya kemandirian ekonomi menuju peningkatan ketahanan pangan pada kegiatan peningkatan kinerja tenaga penyuluh pertanian dan perkebunan BKP3 Kabupaten Luwu Utara tahun anggaran 2016 tersebut sejumlah komoditi yang perlu mendapat dukungan yakni swasembada padi, jagung dan kedelai (pajale).

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah mencanangkan program peningkatan ekonomi kerakyatan diantaranya surplus beras 2 juta ton, jagung 1,5 juta ton serta gerakan pencapaian polulasi ternak sapi 1 juta ekor dan juga gerakan pemulihan produksi dan kualitas kakao, tuturnya.

Selain beberapa program diatas penyuluh wajib mendukung gerakan peningkatan produksi cabai dan bawang merah.

Ditambahkan pula bahwa untuk mewujudkan program kegiatan tersebut diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas, andal serta berkemampuan manejerial.
Hingga akhirnya mampu menerapkan prinsip pembangunan pertanian berkelanjutan ujarnya.

Penyuluh pertanian diarahkan untuk melaksanakan tugas pendampingan dan konsultasi bagi pelaku utama dan pelaku usaha dalam pengembangan usaha agribisnis sehingga adopsi teknologi tepat guna dapat berjalan dengan baik dan pada gilirannya meningkatkan pemberdayaan pelaku utama , produksi, produktivitas pendapatan dan kesejahteraan petani.

Armiady menambahkan, evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan dan potensi yang ada sebagai bahan analisis untuk perbaikan kinerja penyuluh pertanian kedepan tahun 2017 lebih baik dari tahun ini, tuturnya

Ibrahim anggota Komisi III DPRD Kabupaten Luwu Utara sangat mengapresiasi kinerja penyuluh pertanian selama ini. “Saya sangat mengapresiasi penyuluh pertanian atas kerja kerasnya membimbing para nelayan, petani, pekebun dan lain-lain,” ujarnya.

Peserta yang hadir pada acara evaluasi ini dalam jumlah besar karena semua penyuluh se Kabupaten Luwu Utara turut hadir. (LAPORAN FRANS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here