Tim Penyelidik Bidang Intelijen Kejari Rampungkan Penyelidikan Penjualan Fasum Pasar Pabaeng-baeng

0
29

MAKASSAR — Tim penyelidik Bidang Intelijen Kejaksaan Negeri Makassar telah merampungkan penyelidikan dugaan korupsi penjualan fasilitas umum berupa lods dan lahan parkir Pasar Pabaeng-baeng Makassar.

“Tim penyelidik di Bidang Intelijen sudah merampungkan pemberkasan dan pemeriksaan saksi-saksi guna kepentingan pengumpulan data dan bahan keterangan (puldata dan pulbaket),” ujar Kepala Kejari Makassar Deddy Suwardy Surachman di Makassar, Kamis (15/12/2016)

Dia mengatakan, jika penyelidik Intelejen telah mengatongi bukti permulaan adanya peristiwa pidana dalam kasus tersebut yang berpontensi menimbulkan kerugian negara.

Deddy mengaku jika tim penyelidiknya juga menemukan adanya indikasi dugaan korupsi serta peristiwa pidana di dalam kasus yang telah ditemukan bawahannya.

“Pihak Intelejen kini tengah melakukan perampungan berkas penyelidkan kasus ini. Sebelum diserahkan ke penyidik Pidsus, kalau sudah rampung pasti langsung diserahkan,” katanya.

Hanya saja Deddy belum bisa memastikan, apakah penanganan kasus tersebut langsung ditingkatkan ke tahap penyidikan atau masih akan dilakukan penyelidikan lanjutan di Pidsus.

Menurut Deddy semua itu tergantung dari penyidik Pidsus nantinya, apabila berkas kasus tersebut telah diserahkan dari penyelidik bidang Intelejen.

“Kalau berkasnya sudah diserahkan ke Pidsus biar nanti penydik yang menilai apakah berkasnya layak untuk ditingkatkan ke Penyidikan atau masih perlu dilakukan pendalaman lagi,” tandasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala seksi Intelijen Kejari Makassar, Alham mengatakan bila berkas penyelidikan kasus tersebut telah dinyatakan rampung.

“Kita sudah tidak akan melakukan pemeriksaan lagi karena semuanya sudah selesai. Selanjutnya akan ditangani oleh bidang Pidsus,” bebernya.

Semua saksi kata dia, sudah semua diperiksa dan dimintai keterangannya. Dia mengaku bila pihaknya tinggal melakukan perampungan berkas, sebelum diserhakan ke bidang Pidsus. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here