Maksimalkan Layanan Distribusi, Pupuk Kaltim Bangun Sinergi dengan Pelindo IV

0
30

Demi meningkatkan pelayanan distribusi pupuk dan hasil produksi lainnya baik dalam negeri maupun ekspor, PT Pupuk Kalimantan Timur mengadakan Perjanjian Kerjasama dengan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero).

Perjanjian Kerjasama tentang Pelayanan Jasa Pemanduan dan Penundaan di wilayah kerja Terminal Khusus PT Pupuk Kalimantan Timur tersebut ditandatangani kedua belah pihak, yaitu A. Bakir Pasaman selaku Direktur Utama PT Pupuk Kalimantan Timur sebagai Pihak Pertama dengan Doso Agung selaku Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) sebagai Pihak Kedua.

Perjanjian Kerjasama yang salah satunya mengacu pada Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 27 Tahun 2011 tentang Pemberian Izin Usaha Kepada PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Sebagai Badan Usaha Pelabuhan itu bermaksud untuk mengadakan kesepakatan dalam bentuk kerjasama Pelayanan Jasa di Terminal Khusus agar dapat diberikan pelayanan yang sebaik-baiknya, guna menunjang kelancaran dan keamanan kegiatan operasional Pihak Pertama atau dalam hal ini PT Pupuk Kalimantan Timur.

“Perjanjian kerjasama ini juga bertujuan untuk meningkatkan pelayanan distribusi pupuk dan hasil produksi lainnya baik dalam negeri maupun ekspor dan mengatur pungutan serta Bagi Hasil atas kerjasama,” kata Doso Agung, Kamis (15/12/2016).

Sementara itu, ruang lingkup Perjanjian Kerjasama ini meliputi pertama, pelaksanaan kegiatan Pelayanan Jasa Pemanduan dan Penundaan di Terminal Khusus yang dilaksanakan oleh Pihak Kedua atau PT Pelabuhan Indonesia IV.

Kedua, mekanisme penagihan pelayanan jasa pemanduan dan penundaan serta pembayaran kewajiban kepada Negara dilaksanakan sesuai peraturan yang berlaku dan ketiga, pembagian bagi hasil kerjasama atas pelaksanaan kegiatan Pelayanan Jasa sesuai kesepakatan para pihak, sebagaimana yang telah diatur dalam Perjanjian Kerjasama yang ditandatangani.

Besaran tarif dalam Perjanjian Kerjasama yang memiliki jangka waktu selama 2 tahun ini menurut Doso Agung, sesuai dengan Besaran Tarif yang berlaku di lingkungan PT Pelabuhan Indonesia IV pada Terminal Khusus. (ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here