Pantau Kesiapan Natal dan Tahun Baru, Menhub Budi Karya akan Tinjau Pelabuhan Makassar

0
88

MAKASSAR – Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan ke Pelabuhan Makassar untuk meninjau kesiapan angkutan Natal dan Tahun Baru.

General Manager Pelindo IV (Persero) Cabang Makassar, Yosef Benny Rohy mengatakan, Menhub dijadwalkan mengunjungi Pelabuhan Makassar pada Senin 19 Desember 2016 sekitar pukul 16.00 Wita.

“Dalam kunjungan tersebut, Menhub akan melakukan peninjauan di Terminal Penumpang. Posko Angkutan Natal dan Tahun baru, Vessel Traffe Services NTS) Makassar danjuga akan melakukan peninjauan lokasi Makassar New Port (MNP),” jelas Yosef.

Menurut dia, sejauh ini pihaknya sudah melakukan berbagai kesiapan untuk menyambut arus mudik dalam rangka libur natal dan tahun baru 2017, di antaranya dengan melakukan beberapa perbaikan khususnya di area terminal penumpang.

Di Pelabuhan Makassar kata Yosef, selain membenahi fasilitas yang ada di dalam terminal penumpang, seperti ruang tunggu dan toilet, eskalator atau tangga jalan, pihaknya juga telah menyediakan garbarata atau jembatan penghubung antara ruang tunggu dengan pintu masuk kapal.

“Itu untuk memudahkan para penumpang, agar tidak lagi berdesak-desakan saat akan masuk ke dalam kapal. Juga untuk menambah kenyamanan penumpang yang menggunakan moda transportasi kapal laut, terutama saat mudik Natal dan Tahun Baru 2017,” katanya.

Setiap penumpang yang akan masuk ke terminal penumpang lanjut dia, juga akan diperiksa menggunakan metal detector di pintu masuk dan hanya penumpang yang memiliki tiket yang bisa diperkenankan masuk, sesuai dengan identitas masing-masing yang masih berlaku.

Selain itu, penumpang yang akan naik ke atas kapal juga diberi tanda berupa cap di tangannya, sehingga memudahkan petugas untuk mengenali bahwa yang bersangkutan adalah penumpang kapal resmi yang memiliki tiket.

“Kami juga sudah memberlakukan boarding pass layaknya di bandar udara, untuk setiap penumpang yang akan menaiki kapal. Hal itu untuk memberi rasa aman dan nyaman bagi mereka [penumpang] karena hanya penumpang yang memiliki tiket yang bisa naik ke atas kapal,” tutur Yosef.

Sebelumnya, pada awal Juli 2016, Menhub yang saat itu masih dijabat Ignatius Jonan juga pernah mengunjungi Pelabuhan Makassar sekaligas meresmikan VTS yang lokasinya bersebelahan dengan Kantor Pusat PT Pelindo

VTS adalah sistem yang memberikan layanan menyangkut manajemen operasional lalu lintas dan perencanaan kapal di wilayah jangkauan VTS, dengan menggunakan sarana perangkat radio dan elektronika pelayaran.

Pelayanan ini saling terintegrasi dan dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan serta dirancang untuk meningkatkan keselamatan kapal, efisiensi bernavigasi, kemampuan berinteraksi dan menanggapi situasi perkembangan lalu lintas kapal dalam wilayah cakupan VTS.

Layanan ini menyediakan informasi seperti identitas, posisi dan informasi lalu lintas di alur kondisi dan faktor lainnya yang dapat memengaruhi perjalanan kapal. Demikian dikutip dari salah satu media online. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here