Jafar Hafsah Diperiksa KPK untuk Lengkapi Berkas Kasus e-KTP

0
1

JAKARTA — Anggota DPR Jafar Hafsah menjalani pemeriksaan sekitar delapan jam sebagai saksi kasus dugaan korupsi proyek pengadaan KTP elektronik (e-KTP) di Kemendagri, Rabu (21/12/2016).

Ia mulai menjalani pemeriksaan oleh penyidik sekitar pukul 09.30 WIB dan keluar dari Gedung KPK pada petang hari, pukul 18.21 WIB.

Ia menjelaskan pemeriksaannya dilakukan untuk melengkapi keterangan yang tengah dikumpulkan oleh penyidik dalam kasus eKTP.

Adapun Jafar telah menjalani pemeriksaan sebagai saksi tersebut selama dua pekan ini.

“(Pemeriksaan) seputar penyempurnaan informasi pada waktu yang lalu. Pada waktu pertama banyak pertanyaan yang harus dirapikan. Nah itu, semua aspek. Soal detailnya, tolong ditanyakan kepada penyidik,” ujar Jafar di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (21/12/2016).

Sebelumnya, KPK kembali memeriksa mantan anggota DPR Jafar Hafsah terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan KTP elektronik (e-KTP) di Kemendagri, Rabu (21/12/2016) pagi.

Sebelum menjalani pemeriksaan hari ini, Jafar telah memenuhi pemeriksaan pada Senin (5/12/2016) awal bulan ini.

Di dalam pemeriksaannya, mantan Ketua Fraksi Partai Demokrat periode 2010-2012 ini dimintai keterangannya sebagai saksi atas tersangka Sugiharto.

Selain Jafar, penyidik juga memanggil saksi lainnya untuk tersangka Sugiharto yang berasal dari unsur PNS Kemendagri, yakni Diah Anggraeni dan Farah Utama dari pihak swasta.

Diketahui Sugiharto merupakan mantan Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil).

Dalam proyek ini, Sugiharto diduga berperan sebagai pejabat pembuat komitmen. Demikian dikutip dari inilah.com (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here