Mahasiswa Sinjai Demo Bupati, Desak Berhentikan Tiga Pejabat Berstatus Tersangka

0
38
SINJAI- Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa (HIPPMAS) Kabupaten Sinjai menggelar aksi demo menuntut Bupati Sinjai H Sabirin Yahya untuk memberhentikan tiga pejabat lingkup pemerintahan Kabupaten Sinjai yang berstatus tersangka terkait kasus penerimaan gaji PNS terpidana korupsi. Orasi tersebut di sampaikan di depan rumah jabatan bupati sinjai.

Tiga pejabat yang dimaksud oleh para mahasiswa tersebut yakni, Tayyeb A.Mappasere (Sekda Sinjai), Akmal (Asisten III), Muhlis Isma (Kadis Sosial). Ketiganya diminta untuk diberhetikan karena bersatatus tersangka.

Aksi dari HIPPMAS Sinjai berawal di depan rumah jabatan bupati sinjai, Jalan Persatuan Raya dan kemudian berlanjut di kantor bupati sinjai yang diwarnai dengan aksi pembakaran ban bekas dan sempat terjadi aksi saling dorong dengan aparat keamanan dari kepolisian dan satpol pp, aksi tersebut berakhir di kantor kejaksaan negeri sinjai,

Dalam aksi tersebut para demostran mengancam dengan memberikan waktu selama 2 kali 24 jam akan melakukan aksi yang lebih besar lagi jika tuntutan mereka tidak terpenuhi, kejaksaan negeri sinjai 

Penanggung jawab aksi, Muhammad Wahyu mengatakan dalam aksi ini ada beberapa poin tuntutan dalam pernyataan sikap yang kami buat, yakni meminta Bupati Sinjai untuk segera memberhentikan aparatnya yang terseret kasus korupsi, usut tuntas kasus korupsi di periode bupati A.Rudianto hingga periode H Sabirin Yahya sekarang ini dan penegakan supremasi hukum.

“Kami minta bupati sinjai agar memberhentikan pejabat yang terseret korupsi. Jika tuntutan kami tidak dipenuhi maka dalam waktu 2 kali 24 jam maka kami akan melakukan aksi yang lebih besar lagi,” ujarnya.

Dalam pernyataan sikapnya para mahasiswa ini juga menuntut agar bupati sinjai H Sabirin Yahya ditangkap dan diadili karena dianggap melakukan pembiaran terkait penerbitan SK pembebasan dari jabatan struktural, mendesak pihak Kejari Sinjai mengusut tuntas kasus korupsi yang terjadi di Kabupaten Sinjai, mendesak pihak DPRD Sinjai dalam mengawal dan bekerja lebih profesional serta tangkap dan adili mafia hukum.

Terkait inspirasi yang akan disampaikan oleh para demostran, Kabag Humas Pemda Sinjai Sabir Syur bahwa itu merupakan bentuk perhatian mahasiswa terhadap pemerintahan di Kabupaten Sinjai. Karena mereka tentunya ingin melihat Kabupaten Sinjai yang lebih baik.

“Dalam aksi tersebut tadi bupati mengintruksikan kepada saya untuk bernogosiasi dengan para pendemo dengan meminta perwakilan sepuluh orang untuk menemui bupati namun mereka tidak mau jika hanya perwakilan dan mereka mau semuanya bertemu dengan bupati namun tidak diperbolehkan,” ungkapnya. (rhmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here