Menerangi Desa Tertinggal di Seko dengan PLTHM

0
1

LUWU UTARA, CNEWS — Masyarakat mengapresiasi kehadiran pembangkit PLTHM di Desa Taloto, Kecamatan Seko, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Proyek ini memberi konstribusi positif kepada warga setelah sekian lama tidak pernah menikmati listrik, maka dengan kehadiran PLTHM tersebut, warga mulai masakan aliran listrik.

Denga kehadiran PLTHM warga di desa itu bisa menonton film melalui video di televisi, menggunakan kulkas, dan peralatan elektronik lainnya untuk keperluan rumah tangga.

Persoalan selama ini warga tidak dapat menikmati listrik telah terjadi selama bertahun-tahun karena PLN belum masuk ke desa itu. Jarak jaringan PLN terdekat dengan kampung itu mencapai belasan kilometer. Itu pun dengan medan yang sangat sulit karena kampung itu sedikit terisolasi. Kampung itu dikelilingi oleh hutan lebat, jalan rusak, dan perbukitan. Dari Kota Masamba, yang memiliki bandara, dibutuhkan waktu kurang lebih seharian perjalanan darat untuk bisa sampai ke desa ini.

Namun, dengan kehadiran PLTHM melalui bantuan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan membuatkan pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) ini pelan-pelan mulai dirasakan manfaatnya oleh warga. Permasalahan listrik di kampung itu mulai teratasi. PLTMH merupakan contoh pemanfaatan energi setempat untuk listrik. Di atas aliran yang memiliki debit air cukup besar, dibangunlah pembangkit listrik bertenaga hidro dengan kapasitas cukup lumayan.

Dari kunjungan lapangan dan keterangan yang dihimpun reporter media celebesnews bahwa, meski proyek pembangunan PLTHM ini agak sedikit terlambat dari waktu penyelesaian, namun itu karena pengangkutan material bahan bangunan dari Masamba terhambat cuaca buruk musim penghujan sehingga tukang ojek kesulitan mengangkut. Ujar kontraktor PLTHM Imam Hidayat.

Saat dilakukan pengetesan perdana turbin PLTMH yang disaksikan langsung oleh awak media celebesbews tanggal 22 Januari 2017 masyarakat berbondong-bondong melihat turbin yang pertama kali beroperasi.

Seperti yang disampaikan oleh kepala desa Taloto Gerson Paranduk bahwa kami sangat mengapresiasi dan berbangga karena ternyata saat ini desa kami sudah bisa menikmati listrik dan buktinya sudah menyala.

Ditambahkan pula oleh sekretaris BPD Badan Permusyawaratan Desa yakni Nuh dirinya sangat bersyukur atas adanya bantuan pemerintah melalui pembangunan PLTMH karena dapat dirasakan dampak positivenya oleh masyarakat khususnya dibidang elektronik penggunaan penerang yaitu lampu. Ujarnya

Ditambahkan pula oleh Natan Pongpadatu Wakil Ketua BPD desa Taloto bahwa kami sangat bersyukur atas kerja keras pihak perusahaan Kontraktor PT. MANGGALA MUDAH TEKNIK yang telah bekerja keras demi kesejahteraan kami sehingga saat ini lampunya sudah dapat beroperasi walaupun baru dilakukan pengetesan dan kroscek pemasangan kabel kesetiap rumah.

Ditambahkan oleh kontraktor PT.MANGGALA MUDAH TEKNIK Imam Hidayat bahwa saat ini kami lakukan pengecekan dari rumah ke rumah sehingga setelah serah terima PLTMH ini dilakukan kami berharap tidak ada lagi masalah di pemasangan instalasi dan kabel induk. paparnya. (LAPORAN : FRANS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here