Peduli Pangan, Walikota Canangkan Tanam Cabai di Pekarangan

0
36
PAREPARE—-Pemerintah Kota Parepare dalam mengantisipasi harga cabai yang semakin melonjak sejak beberapa pekan terakhir ini, melakukan terobosan dengan mencanangkan gerakan penanaman cabai di pekarangan secara serentak. Gerakan Tanam Cabai Serentak ini dicanangan di areal kantor Dinas Ketahanan Pangan jl. Jend. Muh. Yusuf No. 1, Selasa (24/1/2017).

Gerakan pencanangan yang merupakan bagian dari program pencanangan aksi peduli pangan Tahun 2017

dibuka langsung Walikota Parepare, DR. HM. Taufan Pawe, SH. MH  didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare, Hj. Erna R. Taufan, SE.
Tampak pula hadir Ketua DPRD Kota Parepare, para anggota Forkopimda, para staf ahli dan asisten, para pimpinan SKPD, para kepala Bagian, para Camat dan Lurah serta para kelompok tani se-kota Parepare.
Taufan menyatakan apresiasinya terhadap pencanangan gerakan ini sebagai suatu inovasi yang dilakukan Pemerintah Kota Parepare yang peduli terhadap persoalan Ketahanan Pangan khususnya di Kota Parepare.
“Ini sebagai wujud kepedulian Pemkot dalam meningkatkan Ketahanan Pangan di Kota  ini. Apalagi jajaran Pemkot melalui Dinas Ketahanan Pangan memang sedang gencar-gencarnya melakukan aksi peduli pangan yang dikoordinir dewan ketahanan pangan dan melibatkan instansi terkait”, ujar Taufan dalam  sambutannya.
Menurutnya, salah satu indikator suatu daerah bahkan Negara dikatakan maju dilihat dari seberapa kuatnya ketahanan pangan di daerah tersebut, yang tidak terlepas dari dua dimensi yakni peran masyarakat dan akses terhadap ketahanan pangan itu sendiri.
“Untuk apa kita berkomitmen tingkatkan ketahanan pangan kalau kita tidak mampu mengoptimalkan peran masyarakat dan aksesnya. Ini menjadi penting karena pemenuhan ketahanan pangan berdampak pada kesejahteraan masyarakat”, beber Taufan.
Untuk itu, melalui kesempatan ini Taufan meminta semua unsur terkait khususnya para lurah dibawah koordinasi camatnya untuk selalu memberikan progres terkait program gerakan penanaman cabai dengan memanfaatkan pekarangan ini.
“Saya akan pantau terus program ini, pak lurah dan pak camat tolong berikan progres terus sampai sejauh mana program ini. Ini termasuk pantauan saya dalam tahun kompetisi ini dan saya juga akan on the spot untuk turun melihat langsung progresnya”, tandas Taufan.
Sebagai informasi, pencanangan gerakan penanaman cabai di pekarangan ini dilakukan secara serentak di Kota Parepare, dan telah disediakan bibit yang sudah diantar langsung pada 22 kelurahan untuk kemudian didistribusikan ke rumah keluarga 2 sampai 3 tanaman cabai untuk ditanam dipekarangannya.(effendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here